Senin, 16 Juli 2018

Protes Pelanggaran Zona Udara, Korsel Panggil Atase Militer Rusia


Protes Pelanggaran Zona Udara, Korsel Panggil Atase Militer Rusia
Korsel memprotes pelanggaran udara yang dilakukan oleh jet tempur Rusia. Foto/Ilustrasi/Istimewa

SEOUL - Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) memanggil atase militer Rusia atas pelanggaran pesawat Rusia terhadap zona identifikasi pertahanan udara (KADIZ) negara itu.

Kementerian itu mengatakan bahwa Wakil Direktur Jenderal Kebijakan Internasional Park Chul-kyun memanggil Andrey Falileev, atase militer Rusia untuk Korsel guna memprotes rencana pesawat militer Rusia secara tidak sah masuk ke KADIZ pada Jumat lalu.

Park dilaporkan mengeluarkan protes keras atas masuknya dan mendesak Rusia untuk mengeluarkan langkah-langkah untuk mencegah terulangnya insiden seperti itu. Ia juga mengatakan bahwa masuknya pesawat militer Rusia ke dalam KADIZ tidak akan membantu upaya untuk menstabilkan Semenanjung Korea serta Asia Timur Laut seperti dikutip dari KBS, Minggu (15/7/2018).

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Korsel mengatakan bahwa direktur jenderal untuk Urusan Eropa Jung Ki-hong memanggil Maxim Volkov, seorang diplomat di Kedutaan Rusia, dan menyatakan penyesalan atas pelanggaran KADIZ.

Kepala Staf Gabungan Seoul (JCS) pada Jumat mengatakan bahwa dua pesawat militer Rusia melanggar KADIZ empat kali dan terbang menjauh menyusul peringatan.

Seorang pejabat JCS mengatakan bahwa pesawat Rusia telah memasuki KADIZ beberapa kali tahun ini, tetapi ini adalah pertama kalinya mereka berhasil menembusnya empat kali dalam satu hari.





Credit  sindonews.com