Kamis, 26 Juli 2018

Rudal Balistik Antarbenua Paling Berbahaya



Rudal Balistik Antarbenua Paling Berbahaya
Rudal Balistik Antarbenua Paling Berbahaya. (Koran SINDO).

RUDAL balistik antarbenua atau Intercontinental Ballistic Missiles (ICBM) dirancang untuk mengirimkan senjata nuklir dengan jarak tempuh minimal 5.500 km. ICBM modern biasanya membawa lebih dari satu hulu ledak nuklir.

Berikut 10 rudal balistik antarbenua paling berbahaya di dunia.

1. R-36 adalah rudal balistik antarbenua paling kuat di dunia. Diciptakan selama perang dingin, ICBM R-36 memiliki jangkauan antara 10.200 hingga 16.000 km. Beberapa varian dari rudal seperti R-36M2 dapat membawa sebanyak 10 hulu ledak nuklir. Menurut data, satu rudal R-36 M2 dapat menghancurkan tiga negara bagian AS. Rudal ini dianggap berbahaya dan mematikan karena bobot lemparnya sangat tinggi (10 ton) dan kemampuan detonasi kuat.

2. DF-5 atau Dongfeng adalah rangkaian ICBM yang kuat dari China. Rudal bertenaga nuklir ini dapat digunakan di mana saja dari China. Misil seberat 183 ton itu memiliki kisaran daya jangkau 13.000-15.000 km. Rudal ini beroperasi sejak tahun 1981. Salah satu kelemahan terbesar dari rudal ini adalah dibutuhkan lebih dari 30 hingga 60 menit untuk bahan bakar. DF-5 disebut-sebut menjadi ancaman bagi Amerika Serikat.

3. R-29RMU2 Layner adalah salah satu Rudal Balistik Kapal Selam paling kuat di dunia yang dapat membawa 12 hulu ledak nuklir dengan jangkauan maksimum 12.000 km. Rudal ini dikerahkan di Angkatan Laut Rusia dari 2014. Rudal ini mendapatkan desainnya dari R-29RMU Sineva SLBM. Rudal itu 10 kali lebih kuat dan memiliki kapasitas tiga kali lebih banyak daripada R-29RMU Sineva. Rudal ini mampu menyerang beberapa target secara individual pada saat yang bersamaan.

4. RS-28 Sarmat adalah misil balistik Inter-Continental Balistik yang digunakan oleh Pasukan Misil Strategis Rusia. ES-28 Sarmat dilengkapi MIRV, rudal termonuklir berat yang dapat membawa hingga 10 hulu ledak nuklir berat dengan jangkauan rahasia 10.000 km. ICBM Rusia di masa depan dikembangkan untuk mengalahkan sistem antimissile Serangan Global Prompt AS. Rudal dilengkapi dengan sistem yang dapat membingungkan sistem pertahanan rudal musuh.

5. Minuteman-III adalah rudal balistik antarbenua jarak jauh yang dioperasikan pasukan pertahanan AS. Minuteman-III adalah ICBM terkuat kedua di dunia dan merupakan rival kuat dari rudal R-36M2 Rusia. Rudal roket berbasis silo ini akan memperkuat armada angkatan laut AS sampai 2030. Dilengkapi sekitar 400 rudal, Minuteman III dilengkapi dengan hulu ledak kuat dan alat bantu penetrasi untuk daya jera maksimum.

6. DF-41 adalah rudal balistik antarbenua China yang memiliki jangkauan sekitar 12.000-15.000 km. Rudal ini dikhawatirkan menjadi rudal nuklir paling mengancam di dunia. Rudal nuklir ini diklaim mampu menjangkau semua wilayah Amerika Serikat dari China. Menurut badan intelijen AS, ICBM mobile miliki China ini berbahan bakar padat dan mampu membawa 150-300 kiloton hulu ledak termonuklir per rudal.

7. UGM-133 Trident II adalah ICBM kapal selam paling kuat di dunia. Rudal ini dimiliki Angkatan Laut AS dan memiliki jangkauan hingga 12.000 km. Sistem rudal berbasis laut yang tahan lama ini mampu menarik banyak sasaran dengan akurasi tinggi. Rudal tersebut dianggap sebagai rudal kapal selam paling modern yang diluncurkan di luar Bulava Rusia. Trident-D5 secara bersama-sama digunakan oleh Inggris dan Amerika Serikat.

8. Jericho III adalah versi paling kuat dari ICBM bersenjata nuklir Israel yang mulai beroperasi pada 2011. Rudal bersenjata nuklir ini diyakini memiliki jangkauan hingga 6.500 km, tetapi menurut survei oleh Congressional Research Service, jangkauan misil ini diklaim mencapai 11.500 km. Rudal nuklir ini mampu mencapai target di mana saja di Timur Tengah, Afrika, seluruh Asia, Eropa dan sebagian Amerika Utara serta Amerika Selatan. Rudal itu dapat membawa muatan lebih dari 1.000 kg dan menghantam sistem anti-rudal.

9. RS-24 adalah versi lanjutan dari ICBM Topol-M dari Rusia. Topol-M adalah ICBM pertama kali yang dikembangkan setelah bubarnya Uni Soviet. Rudal ini dikenal karena manuver untuk menghindari pembunuhan. RS-24 lebih berat daripada Topol-M dan dapat membawa 10 hulu ledak yang dapat ditargetkan secara individual. Rudal ini beroperasi sejak 2010.

10. M51 dianggap sebagai salah satu kapal selam rudal balistik paling kuat yang pernah diciptakan. Misil yang memperkuat Angkatan Laut Prancis ini memiliki kisaran target 11.000 km. M51 adalah salah satu rudal balistik Inter-Continental paling ditakuti di dunia. Rudal ini dapat dilengkapi dengan 6 hingga 10 hulu ledak dan alat bantu penetrasi berat. Rudal ini juga dilengkapi dengan sistem navigasi dan superkomputer kuat untuk mencapai target secara akurat.



Credit  sindonews.com