Selasa, 31 Juli 2018

Penyebab Hilangnya MH370 Masih Misteri


Pencarian ekstensif gagal untuk menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.
Pencarian ekstensif gagal untuk menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.
Foto: Reuters/Andrew Winning

Tim investigasi tak dapat memastikan penyebab hilangnya pesawat MH370.




CB, KUALA LUMPUR -- Penyebab hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 masih menjadi misteri. Tim investigasi MH370 menyatakan tak dapat mengetahui secara pasti penyebab hilangnya pesawat tersebut.

"Tim tak dapat menentukan penyebab sebenarnya hilangnya MH370. Jawabannya hanya bisa disimpulkan bila bangkai (pesawat) ditemukan," kata Ketua Tim Investigasi MH370 Kok Soo Chon pada Senin (30/7).

Berdasarkan laporan final yang telah dirilis tim investigasi, sulit mengaitkan perubahan arah atau rute pesawat MH370 dengan kegagalan sistem tertentu. "Lebih mungkin manuver semacam itu disebabkan oleh sistem yang dimanipulasi," kata laporan tersebut.

Laporan pun menyebut bahwa tak ada bukti yang menunjukkan bahwa MH370 menghindari radar. Kemudian tak ada bukti kejanggalan atau perubahan perilaku dari para kru pesawat. Tanpa bantuan perekam data kokpit, tim penyelidik hanya menebak apa yang terjadi sesaat sebelum MH370 menghilang.

Dengan dirilisnya laporan final tersebut, pencarian MH370 akan dihentikan tanpa batas waktu yang ditentukan. Pemerintah Malaysia baru akan melanjutkan pencarian bila bukti atau petunjuk baru terungkap.

Pada Januari lalu, Pemerintah Malaysia menyetujui upaya terbaru untuk menemukan puing-puing atau bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia. Misi pencarian tersebut dilakukan oleh perusahaan eksplorasi dasar laut asal Amerika Serikat (AS) Ocean Infinity.

Ocean Infinity menanggung semua biaya selama proses pencarian bangkai pesawat dilakukan. Perusahaan tersebut hanya akan menerima bayaran dari Pemerintah Malaysia jika betul-betul berhasil menemukan bangkai MH370. Pemerintah Malaysia memutuskan menghentikan proses pencarian pada akhir Mei lalu.

Pesawat Malaysia Airline MH370 hilang pada Maret 2014. Pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing itu mengangkut 227 penumpang dan 12 awak. Pesawat tersebut diperkirakan telah berpindah ribuan mil jauhnya dari Samudra Hindia selatan sebelum membentur pantai Australia Barat. Hilangnya pesawat MH370 telah menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.




photo

Infografis Pesawat MH370








Credit  republika.co.id/Reuters