Selasa, 31 Juli 2018

Putin Unjuk Kekuatan, Lebih dari 40 Kapal Perang Dikerahkan



Putin Unjuk Kekuatan, Lebih dari 40 Kapal Perang Dikerahkan
Berbagai kapal perang Rusia dikerahkan dalam parade Hari Angkatan Laut di Saint Petersburg, Minggu (29/7/2018). Foto/REUTERS/Anton Vaganov

SAINT PETERSBURG - Lebih dari 40 kapal perang dan selam serta lebih dari 4.000 pelaut dikerahkan dalam parade Hari Angkatan Laut (Navy Day) yang spektakuler di Saint Petersburg. Parade yang jadi ajang unjuk kekuatan ini disaksikan Presiden sekaligus Panglima Tertinggi Vladimir Putin.

Tak hanya di Saint Petersburg, parade serupa juga terjadi di kota-kota pelabuhan besar di seluruh Rusia.

Kapal-kapal perang yang mewakili semua armada Angkatan Laut Rusia telah ditambatkan di Sungai Neva di Saint Petersburg, di mana parade angkatan laut besar-besaran berlangsung pada hari Minggu.

Parade ini untuk memperingati lebih dari tiga abad sejarah Angkatan Laut Kekaisaran Rusia.

Presiden Putin yang meramaikan parade memeriksa kapal perang serta pelaut yang berbaris di sepanjang Tanggul Admiralty.

"Angkatan Laut Rusia berhasil menjamin keamanan negara kita, memberikan kontribusi untuk memerangi terorisme internasional dan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan strategis," katanya dalam pidato di depan militer Moskow.

"Seluruh sejarah angkatan laut adalah tentang keberanian, kegagahan, dan semangat para pelaut," lanjut Putin, seperti dikutip Russia Today, Senin (30/7/2018).

Para petinggi militer, termasuk Menteri Pertahanan Sergey Shoigu dan komandan Angkatan Laut Laksamana Vladimir Korolev, mengapit Putin selama parade berlangsung.

"Kami bangga dengan Angkatan Laut kami, standar kesiapan tertinggi, kemampuan mereka, serta kekuatan dan keindahan mereka," imbuh Putin.

Puluhan kapal perang dan selam itu berasal dari Baltik, Laut Utara, dan Laut Hitam serta armada Laut Kaspia. Beberapa kapal yang dipamerkan di antaranya, kapal selam kelas Admiral Gorshkov Rusia terbaru, kapal korvet kelas Steregushchiy, kapal selam diesel-listrik, dan banyak kapal perang lainnya.

Sedangkan lebih dari 4.000 pelaut berparade di depan para tamu, yang diikuti oleh parade pesawat angkatan laut, termasuk pesawat jet tempur Su-33 dan MiG-29K bersama dengan helikopter Ka-52K dan Ka-27M yang membuat flypast di Saint Petersburg. 



Credit  sindonews.com