Senin, 30 Juli 2018

Arab Saudi: Tak Ada Dialog Perdamaian Tanpa Yerusalem Timur


Arab Saudi: Tak Ada Dialog Perdamaian Tanpa Yerusalem Timur
Secara pribadi, Raja Salman menyampaikan dukungan Arab Saudi atas kemerdekaan Palestina kepada Presiden Mahmoud Abbas. (REUTERS/Tomohiro Ohs)umi/Pool



Jakarta, CB -- Arab Saudi menegaskan posisi untuk tidak mendukung rencana perdamaian Timur Tengah, tanpa pembahasan soal status Yerusalem Timur atau hak pengungsi Palestina kembali ke tanah airnya yang diduduki Israel. Penegasan sikap tersebut disampaikan di tengah kekhawatiran atas sikap Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang diduga mendukung usulan Amerika Serikat untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Dilansir kantor berita, Raja Salman secara pribadi meyakinkan Presiden Palestina Mahmoud Abbas soal dukungan Kerajaan Arab Saudi bagi perjuangan kemerdekaan Palestina.


Desember lalu, pejabat Palestina mengungkapkan bahwa Pangeran Mohammed, atau yang dikenal dengan julukan 'MBS' telah menekan Abbas untuk menerima usulan perdamaian AS setelah Donald Trump menyatakan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Di dalam rencana perdamaian AS, Palestina ditawari pemerintahan terbatas di Tepi Barat, tanpa hak untuk kembali bagi pengungsi Palestina yang terpaksa meninggalkan kampung halamannya di masa Perang Arab-Israel 1948 dan 1967.



"Di Arab Saudi, pengambil keputusan adalah Raja, bukan Putra Mahkota," kata seorang diplomat senior Arab Saudi dilansir Reuters. "Kesalahan AS adalah mereka pikir satu negara bisa menekan negara lain untuk menyerah. Tidak ada pemimpin Arab yang menyerah, soal Yerusalem atau Palestina."



Rencana perdamaian yang diusulkan Amerika Serikat menyimpang dari Inisiatif Perdamaian Arab pada 2002. Di mana negara Arab menawarkan normalisasi hubungan dengan Israel, jika negara itu bersepakat dengan Palestina dan menarik penuh pasukannya dari wilayah yang disepakati pada 1967.

Para pejabat Arab Saudi membantah adanya perbedaan antara Raja Salman, yang terang-terangan mendukung Insiatif Perdamaian Arab, dengan Pangeran Mohammed yang dalam sebuah wawancara dengan sebuah majalah AS menyebut Israel berhak hidup damai di anah mereka sendiri.

Duta Besar Palestina untuk Arab Saudi, Basem Al-Agha menyatakan Raja Salman telah menyatakan dukungan kepada Palestina dalam pertemuan terakhir dengan Abbas. "Kami tidak akan meninggalkan Anda. Kami akan menerima apa yang Anda terima dan menolak apa yang Anda tolak," kata Al-Agha menirukan apa yang disampaikan Raja Salman kepada Abbas.


Dia menyatakan Raja Salman bahkan menyebut Konferensi Liga Arab 2018 sebagai "Pertemuan Puncak Yerusalem" dan mengumumkan bantuan sebesar US$200 juta bagi rakyat Palestina sebagai pesan bahwa Yerusalem dan pengungsi kembali dibahas.




Credit  cnnindonesia.com