Paris (CB) - Presiden Prancis Emmanuel Macron akan membahas masalah Suriah, Iran dan Ukraina dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat mereka bertemu di Moskow pada Minggu, menurut seorang sumber di kantor kepresidenan Prancis.

Minggu adalah hari pertandingan babak final sepak bola Piala Dunia antara Prancis dan Kroasia.

Macron dan Putin diperkirakan akan melakukan pertemuan di Kremlin sebelum pertandingan tersebut, demikian seperti dilansir Reuters.

Sumber di Istana Elysee mengatakan situasi di Ukraina belum terlalu memperlihatkan perkembangan bagi Macron untuk mengundang Putin menghadiri pertemuan puncak Kelompok Tujuh Negara (G7) di Biarritz, Prancis selatan, pada musim panas 2019.

Pascapertemuan puncak G7 di Kanada, Macron telah mengatakan bahwa ia ingin mengundang Putin ke Biarritz, namun harapan itu akan tergantung pada penerapan Rusia atas proses yang telah disepakati di Minsk dengan Prancis, Jerman dan Ukraina untuk menyelesaikan konflik di Ukraina.

Sumber tersebut mengatakan pembicaraan Macron-Putin juga akan menjadi kesempatan bagi kedua pemimpin untuk mendekatkan posisi mereka soal krisis Suriah.

Soal Iran, Macron sebelumnya pada tahun ini tidak berhasil mendorong Trump agar tidak mundur dari kesepakatan internasional, yang melonggarkan sanksi-sanksi bagi Iran --sebagai imbalan atas pengekangan program nuklir negara itu.

Seorang pejabat Kremlin mengatakan pada Jumat bahwa Macron juga diperkirakan akan memberi pemaparan kepada Putin soal pertemuan puncak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) baru-baru ini, dan bahwa mereka akan membicarakan pertemuan mendatang antara Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Helsinki pada Senin.