Jumat, 13 Juli 2018

Wali Kota London: Demo Anti-Trump Harus Damai

Walikota London Sadiq Khan dan Presiden Trump. standard.co.uk, REUTERS
Walikota London Sadiq Khan dan Presiden Trump. standard.co.uk, REUTERS

CB, Jakarta - Unjuk rasa menentang kehadiran Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke London harus dilakukan dengan damai disertai spirit bagus. Pernyataan itu disampaikan Wali Kota London Sadiq Khan, Kamis, 12 Juli 2018, setelah Trump mendarat di ibu kota Inggris tersebut.
"Pesan saya, sampaikanlah protes di London dengan damai dan spirit bagus. Hindari menimbulkan masalah atau melanggar hukum. Saya hanya mengatakan Anda menyambutnya dengan tidak baik," ucapnya, sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Wali Kota London Sadiq Khan. REUTERS
Trump tiba di Inggris, Kamis, setelah melakukan pertemuan dengan anggota NATO di Brussels, Belgia, untuk membahas masalah yang dihadapi Organisasi Pertahanan Atlantik Utara.
Di Inggris, Trump akan berbicara dengan Perdana Menteri Theresa May mengenai Brexit dan pengunduran diri Menteri Luar Negeri Boris Johnson, yang sangat disayangkan Trump.

Sadiq Khan, Wali Kota London, berorasi di depan pendukungnya saat pertama kali bertugas di City Hall, London, Inggris, 9 Mei 2016. Sadiq Khan merupakan wali kota muslim pertama di London yang terpilih lewat pemilihan yang demokratis. REUTERS/Hannah McKay
"Saya menyayangkan pengunduran diri Johnson. Dia rekan yang sangat berbakat," kata Trump, sebagaimana dilaporkan CNN.

Selain bertemu dengan PM May, Trump dijadwalkan akan berkunjung ke Ratu Inggris, Queen Elizabeth II.



Credit tempo.co