Rabu, 11 Juli 2018

Jelang Pertemuan Puncak, Trump Lemparkan Kecaman pada NATO

Jelang Pertemuan Puncak, Trump Lemparkan Kecaman pada NATO
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kembali melemparkan kecaman kepada NATO dan negara-negara anggota aliansi tersebut. Foto/Istimewa

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kembali melemparkan kecaman kepada NATO dan negara-negara anggota aliansi tersebut. Kecaman ini datang jelang pertemuan puncak negara-negara anggota NATO, yang rencananya digelar akhir pekan ini.

"AS menghabiskan jauh lebih banyak untuk NATO daripada negara lain mana pun. Ini tidak adil, juga tidak dapat diterima. Sementara negara-negara ini telah meningkatkan kontribusi mereka sejak saya menjabat, mereka harus melakukan lebih banyak lagi," ucap Trump.

"NATO jauh lebih menguntung Eropa daripada AS. Oleh beberapa akun, AS membayar 90 persen anggaran NATO, dengan banyak negara hampir mendekati komitmen dua persen mereka," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (10/7).

Anggota NATO seharusnya menghabiskan setidaknya 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) mereka pada pertahanan, tetapi mayoritas anggota tidak.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan, dia mengharapkan jumlah negara yang memenuhi komitmen itu akan meningkat menjadi delapan tahun ini, dan NATO mengharapkan 15 dari 29 anggotanya untuk melebihi angka itu pada 2024.

Trump sendiri telah lama menyinggung mengenai tidak seimbangnya jumlah sumbangan kepada NATO dan telah sering mengecan NATO dan negara anggota aliasni itu baik di depan umum maupun swasta tentang perbedaan tersebut. 




Credit  sindonews.com