Kamis, 13 Agustus 2015

Saking Besarnya, Ledakan Tianjin Terlihat dari Luar Angkasa!


Foto satelit memperlihatkan sebuah titik terang di lokasi ledakan dahsyat di kota Tianjin, Tiongkok, Rabu (12/8/2015) malam. (Foto: CIMSS)
Foto satelit memperlihatkan sebuah titik terang di lokasi ledakan dahsyat di kota Tianjin, Tiongkok, Rabu (12/8/2015) malam. (Foto: CIMSS)
CB, Tianjin: Ledakan dahsyat terjadi di sebuah gudang di kota pelabuhan Tianjin, Tiongkok. Saking besarnya, ledakan yang menewaskan 17 orang dan melukai 400 lainnya ini dapat dilihat dari luar angkasa.

Foto ledakan Tianjin yang dilihat dari luar bumi diambil satelit Cooperative Institute for Meteorological Satellite Studies (CIMSS). Dalam foto satelit di akun Twitter @CIMSS, Kamis (13/8/2015), terlihat satu titik terang di Tianjin.

Menurut laporan reporter AFP di lapangan, dirinya melihat pecahan kaca berserakan tiga kilometer dari lokasi kejadian. Ini terjadi setelah sebuah paket bahan peledak meledak di zona industri Tianjin.

Asap hitam membumbung tinggi dari lokasi selama berjam-jam setelah ledakan, yang terjadi Rabu sekitar pukul 11.30 malam waktu setempat.

"Bola apinya sangat besar, mungkin setinggi 100 meter," ucap Huang Shiting, warga setempat yang rumahnya dekat pelabuhan Tianjin.

"Saya mendengar ledakan pertama dan semua orang berlari keluar. Kemudian serangkaian ledakan terus terjadi, memecahkan kaca dan banyak orang terluka," sambung dia.

Presiden Xi Jinping telah memerintahkan operasi penyelamatan berskala penuh terhadap korban luka ledakan dahsyat di Tianjin.

Hingga saat ini, pemicu ledakan paket bahan peledak di gudang Tianjin itu belum diketahui.



Credit Metrotvnews.com

Ledakan Hebat di Tianjin Setara 3 Ton TNT

Kamis, 13 Agustus 2015 | 04:54 WIB
weibo Ledakan di Tianjin China

  CB - Ledakan dahsyat terjadi di sebuah bangunan yang menjadi gudang di bagian utara China, Tianjin. Ledakan itu mengakibatkan setidaknya 7 orang tewas dan lontaran api yang keluar hingga ke langit.

Ledakan itu diduga terdengar jauh hingga hitungan kilometer. Diduga, ledakan terjadi lantaran adanya bahan peledak yang diledakkan ketika berada di dalam ruang penyimpanan.

"Ledakan meluluhlantakkan sebuah gudang di kota Tianjin Rabu malam (12/8/2015) tadi," tulis Xinhua.

Sementara itu, laporan dari media komunis, People's Daily mengatakan sebanyak tujuh orang tewas dari ledakan itu. Sebagian orang pun dikabarkan terperangkap di gudang tersebut.

Sebanyak 300 hingga 400 orang terluka akibat ledakan tersebut, mereka kemudian dirawat di sebuah rumah sakit terdekat, kata Beijing News. Selain itu juga dikabarkan ada beberapa orang lainnya yang dibawa ke rumah sakit saat berita ini diturunkan.

Tak hanya itu, dua petugas pemadam kebakaran pun dikabarkan hilang saat berusaha memadamkan api.

Melalui sebuah tayangan televisi, terlihat kilatan api ketika ledakan terjadi, bahkan api itu turun hingga menyerupai hujan api bersama dengan bunyi ledakan.

Beberapa orang terlihat berusaha mengamankan diri dengan berlindung dari puing-puing dan bekas ledakan yang terlontar dengan cara menutup kepalanya dengan baju.

Bahkan media sosial Weibo juga diramaikan dengan postingan orang-orang yang bersimbah darah, ada juga anak-anak yang ditutupi selimut supaya terhindar dari dampak ledakan. Meski begitu, belum dapat dipastikan keaslian gambar tersebut.

Adapun kekuatan ledakan gudang itu diperkirakan setara dengan meledakkan tiga ton TNT, menurut Pusat Jaringan Gempa Bumi China. Ledakan berikutnya diperkirakan sama dengan 21 ton bahan peledak.


Credit  KOMPAS.com