Senin, 16 Juli 2018

Turki Setuju Jual 30 Helikopter Militer ke Pakistan


Helikopter Miltier Turki T129 ATAK
Helikopter Miltier Turki T129 ATAK

CB, Jakarta - Turki telah menyetujui penjualan 30 unit helikopter militer ke Pakistan yang diperkirakan nilainya mencapai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,57 triliun, seperti dilaporkan sejumlah media di Turki.
Penjualan 30 unit helikopter militer tipe T129 ATAK merupakan penjualan terbesar yang dilakukan Kementerian Pertahanan Turki, seperti dikutip dari Radio Free Europe, Jumat, 13 Juli 2018.
Menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu, Jumat, 13 Juli 2018, kesepakatan penjualan 30 unit helikopter militer itu ditandatangani Turkish Aerospace Industries dengan Kementerian Produksi Pertahanan Pakistan.
Dalam perjanjian penjualan helikopter tersebut, termasuk juga penyediaan logistik, suku cadang, pelatihan, amunisi oleh Turki.
Turki menjadi penyuplai perlengkapan militer Pakistan sejak September lalu ketika Amerika Serikat menahan bantuan militernya ke Pakistan senilai mendekati US$ 1 miliar.
Presiden Donald Trump menyebut Islamabad gagal menindak keras Taliban yang menjadikan Pakistan sebagai surga persembunyiannya.
Sebelum menyetujui penjualan helikopter militer ke Pakistan, Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli mengatakan, Ankara akan menjual 4 kapal perang tipe korvet dengan panjang 99.5 meter ke Angkatan Laut Pakistan.


Credit  tempo.co