Rabu, 11 Juli 2018

Perang Dagang AS-China, Trump Berlakukan Tarif US$200 Miliar


Perang Dagang AS-China, Trump Berlakukan Tarif US$200 Miliar
Trump mewujudkan ancamannya bulan lalu dengan memberlakukan tarif pada produk-produk China senilai Us$200 miliar (sekitar Rp2.868 triliun). (REUTERS/Jonathan Ernst)


Jakarta, CB -- Perang dagang antara Amerika Serikat dan China kian sengit. Presiden AS Donald Trump mewujudkan ancamannya bulan lalu dengan memperluas produk-produk China yang dikenakan pajak senilai US$200 miliar. Ancaman itu disampaikan Trump jika Beijing membalas hukuman AS atas tuduhan pencurian hak kekayaan intelektual (HAKI).

Dilansir CNN, Wakil Perdagangan Amerika Serikat Robert Lighthizer merilis daftar barang-barang yang terancam tarif 10 persen. Produk-produk itu antara lain seafood, buah-buahan dan sayuran, yarn, wol, jas hujan dan sarung baseball.


Langkah itu diambil setelah AS memberlakukan tarif pada produk-produk China senilai US$34 miliar pada Jumat pekan lalu. Beijing langsung membalas dengan memberlakukan tarif pada produk AS senilai US$34 miliar.



Langkah AS tersebut mewujudkan ancaman Presiden Trump bulan lalu, saat dia memerintahkan Lighthizer untuk mengidentifikasi produk-produk China senilai US$200 miliar. Ancaman itu dilontarkan Trump jika Beijing membalas hukuman Washington yang bertujuan menghukum China atas tuduhan pencurian hak kekayaan intelektual (HAKI).




Credit  cnnindonesia.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar