Kamis, 20 Agustus 2015

AS-RI Siapkan 3,3 Juta Hektare Lahan Konservasi


AS-RI Siapkan 3,3 Juta Hektare Lahan Konservasi (Ilustrasi/Free Nature Stock)
 
 
Jakarta, CB -- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, mengatakan bahwa AS, bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, telah menyiapkan lahan konservasi seluas 3,3 juta hektare di Indonesia.


"Dengan bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, kami berhasil membuat lahan seluas 3,3 juta hektare di Kalimantan dan Sumatera," ujar Blake ketika membuka acara hari orang utan sedunia di Jakarta, Rabu (19/8)

"3,3 juta hektare lahan sama luasnya dengan negara Belgia," tambahnya.

Nantinya, lahan tersebut akan digunakan untuk keperluan konservasi berbagai macam spesies Indonesia, termasuk orang utan.

Selain itu, AS, di bawah UU Konservasi Hutan Tropis,  memberikan bantuan pendanaan mencapai US$70 juta kepada Indonesia untuk mengkonservasi lahan dan hutan agar dapat menjadi habitat fauna di Indonesia.

Sebelumnya, pada 2010, AS memulai Indonesia Forest and Climate Support Program senilai US$41 juta. Program ini dibuat guna membantu Indonesia dalam melestarikan hutan sebagai habitat populasi hewan serta membantu masyarakat lokal Kalimantan dan Sumatera mendapatkan penghasilan dari kekayaan alam hutan.

Credit  CNN Indonesia