Senin, 24 Agustus 2015

Dua Rival AS Kerja Sama Produksi Jet Tempur Model Baru

Dua rival AS kerja sama produksi jet tempur model baru (Foto: Sputnik)
Dua rival AS kerja sama produksi jet tempur model baru (Foto: Sputnik)
TEHERAN  (CB) – Para rival terbesar Amerika Serikat (AS) saat ini, yakni Rusia dan Iran dikabarkan telah sepakat menjalin kerja sama terbaru dalam bidang militer. Keduanya sepakat mengembangkan dan membuat jet jempur terbaru secara bersama.
“Iran dan Rusia akan bekerjasama dalam merancang dan membangun jet tempur model terbaru. Rusia telah sepakat dengan Iran setelah memelajari kemampuan negara yang telah bebas dari sanksi ekonomi AS itu,” ujar Menteri Pertahanan (Menhan) Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehghan, seperti diberitakan Sputnik, Senin (24/8/2015).
“Di bidang manufaktur jet tempur, kami tidak akan mengembangkan kerja sama itu dengan negara lain selain Rusia,” sambungnya.
Dirinya menuturkan, Iran memiliki hubungan militer dengan 35 negara termasuk China, Irak, Rusia, Oman, India, Pakistan, dan Belarusia di berbagai bidang, seperti keahlian teknis dan teknik, pemeliharaan, dan penjualan sistem militer. Namun, soal pembuatan jet tempur, Iran hanya bekerjasama dengan Rusia.
Di kesempatan yang sama, Dehghan juga mengatakan, Iran saat ini berencana untuk menjual Unmanned Aerial Vehicles (UAV) buatan mereka sendiri kepada negara lain yang berminat.
Dalam beberapa tahun terakhir, Iran memang telah membuat prestasi besar di sektor pertahanan dan bisa dikatakan cukup sukses dalam memproduksi peralatan militer penting dan sistem pertahanan.



Credit  Okezone