Selasa, 25 Agustus 2015

Rusia Gelar Latihan Militer di Kawasan Artik


MIKHAIL KLIMENTYEV / RIA-NOVOSTI / AFP Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan penjelasan Komandan Persiapan Tempur Angkatan Darat Rusia, Ivan Buvaltsev saat meninjau latihan militer di Kirillovsky, kawasan Leningrad, Senin (3/3/2014).


MOSKWA, CB — Angkatan bersenjata Rusia menggelar latihan perang di kawasan Artik, Senin (24/8/2015), sebagai bagian dari upaya negeri itu untuk mengklaim wilayah yang kaya kandungan hidrokarbon dan mineral tersebut.

Lebih dari 1.000 prajurit, 14 pesawat terbang, dan 34 unit khusus militer mengambil bagian dalam sebuah latihan di wilayah sebelah utara Siberia itu.

Latihan ini digelar sepekan setelah Rusia mengajukan sebuah klaim kepada PBB untuk tambahan wilayah seluas 1,2 juta kilometer persegi di kawasan Artik.

"Latihan ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan di wilayah Artik Rusia, memastikan kebebasan ekonomi negeri ini, dan melindungi wilayah kedaulatan Rusia dari potensi ancaman militer," demikian Komandan Armada Utara Rusia Vladimir Korolyov.

Kororlyov menambahkan, latihan itu dirancang untuk kondisi bertahan dan tidak diarahkan untuk menyerang negara lain. Pada Mei lalu, Rusia juga menggelar latihan serupa di kawasan itu.

Moskwa telah lama berusaha untuk mengklaim lebih banyak wilayah Artik yang kaya kandungan mineral dan energi yang semakin mudah diakses dengan semakin tipisnya lapisan es di kawasan itu.

Kawasan yang diklaim Rusia itu diyakini akan memberikan negeri itu tambahan 4,9 miliar ton hidrokarbon.


Credit  KOMPAS.com