Kamis, 20 Agustus 2015

Hamas Tangkap Hewan yang Jadi Mata-Mata Israel

Ilustrasi lumba-lumba. (Foto: Ist)
Ilustrasi lumba-lumba. (Foto: Ist)
YERUSALEM (CB) – Hamas menangkap seekor lumba-lumba yang menjadi mata-mata bagi dinas rahasia Israel yakni Mossad. Lumba-lumba yang ditangkap itu dilengkapi berbagai perangkat spionase, termasuk kamera.
Seperti dilansir Haaretz dari radio tentara Israel, Kamis (20/8/2015), Lumba-lumba itu ditangkap oleh komando angkatan laut Hamas di lepas Pantai Gaza beberapa waktu lalu. Angkatan Laut Israel memang memiliki armada kapal selam yang diberi nama Dolphin Class.
Namun, radio tentara Israel menyatakan dengan tegas jika lumba-lumba yang dimaksud adalah benar-benar seekor lumba-lumba.
Penggunaan hewan oleh Israel dalam mengawasi lawan ataupun negara tetangganya memang bukan kali ini terdengar di Timur Tengah. Lima tahun lalu Mesir mengungkapkan Israel sengaja melepas hiu untuk menyerang para turis di Pantai Sinai dan menyebabkan kerugian bagi industri pariwisata Negeri Piramid itu. Dua tahun kemudian, Sudan juga melaporkan telah menangkap mata-mata Mossad yaitu seekor burung elang yang yang telah ditandai oleh Israel.
Di masa lalu, lumba-lumba digunakan untuk kepentingan militer, termasuk oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet, dan sekarang juga diterapkan Rusia. Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan menggunakan binatang untuk mendeteksi ranjau dan dalam aksi penyelamatan, bukan untuk menyerang manusia atau membawa senjata.


Credit  Okezone