Selasa, 02 Februari 2016

RI Perluas Kerja Sama Riset dan Perikanan dengan Hungaria


RI Perluas Kerja Sama Riset dan Perikanan dengan Hungaria  
Perdana Menteri Hungaria Victor Urban bertemu dengan Presiden Jokowi di Jakarta hari ini, membicarakan peningkatan kerja sama kedua negara. (Dok. Biro Pers)
 
Jakarta, CB -- Pemerintah Indonesia meningkatkan kerja sama riset dan perikanan dengan Hungaria. Dua nota kesepahaman (MoU) di bidang pendidikan tinggi dan perikanan ditandangani di tengah kunjungan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban ke Jakarta, pada Senin (1/2).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang ditemui usai penandatanganan MOU dengan Menteri Pertanian Hungaria Sandor Fazekas, menjelaskan kerja sama akan dilakukan dalam bidang teknologi budidaya.

"Sekarang sedang ada gaya hidup baru menikmati seafood bukan hanya daging saja. Jadi mau meningkatkan pasar kelautan kita di sana," kata Susi.

Susi mengatakan pasar ikan yang akan diperluas seperti untuk ikan kakap dan gurame.

Sementara itu,  Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi M. Nasir mengatakan Indonesia akan bekerja sama dalam hal riset teknologi dengan pemerintah Hungaria.

"Hungaria sangat kuat di bidang teknologi. Oleh karena itu, kerja sama nanti akan difokuskan pada bidang engineering khususnya energi terbarukan dan sistem pengelolaan air," kata Nasir.

Khusus untuk kerja sama sistem pengelolaan air, katanya, dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara mengelola air agar bisa bermanfaat dari hulu sampai ke hilir.

Teknologi ini, kata Nasir, nantinya akan diaplikasikan ke 34 kecamatan di Indonesia. Selain dalam bidang riset teknologi, Nasir mengatakan pemerintah Hungaria juga akan menyediakan 50 beasiswa bagi pemuda-pemudi Indonesia.

Komitmen peningkatan kerja sama

Komitmen peningkatan kerja sama kedua negara disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pertemuannya dengan Orban di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, hari ini.

Jokowi mengatakan pemerintah Indonesia berharap hubungan antar kedua negara akan semakin kokoh di masa mendatang. Hubungan kokoh tersebut, kata Jokowi, diwujudkan dalam beberapa kerja sama yang konkret seperti dalam bidang manajemen air, manajemen urban atau perkotaan, pertanian, energi solar, pengolahan makanan dan pendidikan.

Sementara itu, PM Hungaria Viktor Orban menjelaskan Indonesia sangat penting di mata negara yang terletak di Eropa Timur tersebut. Selain termasuk ke dalam anggota kelompok ekonomi dunia G20, Indonesia juga memiliki peranan penting di dunia internasional.

"Jadi, tepat bagi Hungaria untuk mendekatkan diri ke Indonesia," kata Orban.

Orban mengatakan bidang andalan Hungaria adalah pertanian dan pendidikan. Bidang pertanian, ujarnya, tidak hanya ditujukan untuk perdagangan melainkan investasi untuk masa mendatang.




Credit  CNN Indonesia