Senin, 29 Februari 2016

Ilmuwan Temukan Situs Zaman Jurassic Terbesar di Dunia

Ilmuwan Temukan Situs Zaman Jurassic Terbesar di Dunia

Anak usia 4 tahun menemukan tulang dinosaurus berusia 100 juta tahun di Mansfield, Texas, Amerika Serikat. Dallas Morning News
 
CBBuenos Aires -Sebuah area seluas 60 ribu kilometer persegi di Patagonia, bagian selatan Argentina, baru saja menjadi situs zaman Jurassic terbesar di dunia. Beragam fosil dari dinosaurus yang hidup pada era itu tersebar dalam jumlah besar.

“Tak ada area lain di dunia ini yang memiliki jumlah serta keberagaman fosil seperti di sini,” kata ahli geologi Garcia Massini dari Regional Center for Scientific Research and Technology Transfer (CRILAR). Fosil-fosil yang berusia 140-160 juta tahun ini terekspos di permukaan situs yang baru saja terkena erosi—dan langsung disimpan untuk penelitian.

Bukan hanya itu, situs ini pun dapat memberikan gambaran jelas tentang keadaan alam pada era Jurassic. Menurut Massini, dengan mata telanjang, kita dapat melihat bagaimana aliran air, danau, sungai, juga tanaman dan bagian ekosistem lainnya terbagi.

Ignacio Escapa, dari Egidio Feruglio Paleontology Museum, juga menemukan beragam jenis makro dan mikro-organisme. Ia bahkan dapat membayangkan bagaimana spesies fungi, Cyanobacteria, dan cacing hidup bergerak saat itu.

Semua fosil yang ditemukan di area ini berada dalam kondisi sangat baik, yang memudahkan kinerja para peneliti. Bahkan, menurut mereka, setiap batu yang diambil dari situs ini dapat membuka jalan bagi penemuan baru tentang dinosaurus dan sejarah evolusi makhluk hidup.



Credit  TEMPO.CO