Senin, 22 Februari 2016

Korut Punya Kepala Militer Baru



Korut Punya Kepala Militer Baru
Mantan Menteri Keamanan Rakyat, Ri Myong-su, telah ditunjuk menjadi Kepala Staf Tentara Rakyat Korea. (Istimewa)

PYONGYANG -  Media pemerintah Korea Utara (Korut), KCNA melaporkan, negara komunis itu telah memiliki seorang Kepala Militer baru. Mantan Menteri Keamanan Rakyat, Ri Myong-su, telah ditunjuk menjadi Kepala Staf Tentara Rakyat Korea.
 
Seperti dikutip dari laman Telegraph, Minggu (21/2/2016), pelantikan Myong-su dipimpin langsung oleh pemimpin Korut, Kim Jong-un. Myong-su bahkan langsung menemani Jong-un melakukan inspeksi dalam latihan Angkatan Udara.
 
Kabar pengangkatan Myong-su ini muncul hampir dua pekan pasca kabar ekskusi terhadap pendahulunya, Ri Yong-gil. Yong-gil dieksekusi karena dituduh telah membentuk faksi politik dan melakukan korupsi.
 
Sejak memegang tapuk pimpinan di Korut pada Desember 2011, Jong-un telah beberapa kali melakukan "pembersihan." Sejumlah besar pejabat senior, terutama kader militer, telah di "hapus" atau diturunkan sebagai usaha untuk memperkuat kekuasaannya atas militer.
 
Aksi bersih-bersih Jong-un yang menarik perhatian adalah saat ia mengeksekusi pamannya, Jang Song-thaek, yang dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2013. Song-thaek dituding telah melakukan pengkhianatan dan korupsi.

Credit  Sindonews