Rabu, 06 Januari 2016

Respons Uji Coba Nuklir Korut, PBB Akan Rapat Mendadak


Respons Uji Coba Nuklir Korut, PBB Akan Rapat Mendadak  
Rapat mendadak DK PBB akan dilangsungkan Rabu pagi waktu setempat. (Reuters/Mike Segar)
 
New York, CB -- Dewan Keamanan PBB akan mengadakan rapat mendadak pada Rabu (6/1) untuk mendiskusikan uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara.

Menurut sumber Reuters, rapat akan dijadwalkan pukul 11.00 waktu setempat, dan kemungkinan akan berlangsung tertutup.

“Amerika Serikat dan Jepang telah meminta konsultasi darurat Dewan Keamanan besok pagi terkait dugaan uji coba nuklir Korea Utara,” kata Hagar Chemali, utusan AS untuk PBB lewat sebuah pernyataan.

“Meski kami tidak bisa mengonfirmasi saat ini bahwa uji coba telah dilakukan, kami mengutuk pelanggaran apa pun atas resolusi Dewan Keamanan PBB dan lagi menyerukan Korea Utara untuk patuh pada kewajiban dan komitmen internasional,” tambah Chemali.

Tidak jelas tindakan apa yang akan dilakukan jika 15 anggota DK PBB merespons pernyataan Korea Utara yang mengklaim telah sukses meluncurkan uji coba nuklir keempat.

Pyongyang saat ini sudah berada di bawah sanksi PBB, Uni Eropa, dan Amerika Serikat akibat program nuklirnya.

Sebelum ini, Korut sudah melakukan tiga kali uji coba nuklir; pada 2006, 2009 dan 2013—semuanya dilakukan di Punggye-ri, yang berada di dekat lokasi guncangan pada hari ini.

Jika uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korut hari ini terkonfirmasi, diduga PBB akan meluaskan lagi sanksi bagi Pyongyang.


Credit  CNN Indonesia