Jumat, 29 Januari 2016

Hizbullah Tembak Jatuh Drone Burung Elang Israel


Hizbullah Tembak Jatuh Drone Burung Elang Israel
Drone Israel berbentuk burung elang yang ditembak oleh Hizbullah | (Istimewa)

BEIRUT - Kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon berhasil menembak sebuah drone milik Israel yang tengah memata-matai kelompok itu. Uniknya, drone tersebut berbentuk burung Elang.

Drone berbentuk burung elang itu ditembak jatuh di atas kota yang berada di sebelah selatan Lebanon, Bint Jbeil. Pada awalnya, gambar yang dikirimkan sebagai pesawat tak berawak. Namun setelah ditembak jatuh dan diperiksa, ternyata itu adalah drone berbentuk burung Elang.

Pada tubuhnya tidak terpasang perangkat audio atau peralatan mata-mata, seperti dikutip dari laman Mirror, Rabu (27/1/2016). Burung Elang memang kerap terlihat melintasi wilayah pegunungan di Lebanon.

Burung itu berasal dari Israel Nature and Parks Authority. Berasal dari Catalonia, burung itu dilepas dalam upaya untuk meningkatkan populasi hering yang terancam punah di wilayah tersebut.

Namun menurut otoritas Lebanon, Israel kerap menggunakan burung Elang yang sudah terlatih untuk mematai wilayah Lebanon. Mereka beralasan, hal itu dilakukan untuk penelitian. Para ahli menyatakan bahwa Israel telah jauh meningkatkan pengawasannya terhadap Lebanon sejak tahun lalu.

Israel dituding telah mengoperasikan pesawat drone mereka di wilayah Lebanon dan beberapa diantaranya berhasil ditembak jatuh baik oleh Hizbullah maupun tentara Lebanon. Padahal, Negeri Zionis itu telah menerima peringatan tentang pelanggaran wilayah udara Lebanon sebelumnya.



Credit  Sindonews