Jumat, 29 Januari 2016

Hewan Ajaib! Kakinya Zebra, Badannya Keledai, Kepalanya Jerapah


Brazzaville - Di Kongo ada hewan unik yang wisatawan harus tahu. Kakinya seperti zebra, badannya seperti keledai, kepalanya seperti jerapah. Hewan apa ini?

Ternyata mamalia unik ini bernama Okapi (Okapia jhonstoni) yang hidup di pedalaman Kongo. Hewan ini seperti perkawinan silang antara zebra dan jerapah. Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (29/1/2016) para ilmuwan baru meneliti hewan unik ini tahun 1901.

Nama latinnya adalah gabungan nama lokal hewan ini yaitu O'api dan nama Gubernur Jenderal Inggris di Uganda yaitu Sir Harry Johnston yang pertama menemukannya di Hutan Ituri.

Rupanya, hewan ini masih dekat kekerabatannya dengan jerapah. Habitat aslinya adalah hutan hujan tropis di Kongo antara lain di Taman Nasional Maiko, Hutan Ituri, Sungai Rubi, Danau Tele, Ebola, dan Sungai Ubangi.


Seekor anak Okapi (sandiegozoo.org)

Wisatawan yang ingin bersafari ke Kongo bisa menjumpai Okapi di daerah-daerah itu. Sayang sekali hewan ini sekarang sudah susah ditemui di habitat aslinya.

Status hewan ini terancam punah. Tinggal 25.000 di alam bebas. Okapi terancam oleh perburuan liar.

Para pemburu mengincar daging dan kulitnya untuk dijual. Ancaman lainnya adalah penebangan hutan, pertambangan, perambahan pemukiman dan konflik bersenjata di Kongo.


Anak Okapi dan induknya (sandiegozoo.org)

Sungguh malang nasib hewan ajaib ini. Oleh karena itu, Okapi banyak ditangkarkan di berbagai kebun binatang besar di dunia. Salah satu yang memiliki koleksi Okapi adalah Kebun Binatang San Diego di Amerika Serikat.

Dari situs resmi San Diego Zoo, mereka pertama kali memiliki koleksi Okapi tahun 1956 dan kini sudah beranak pinak menjadi 58 ekor. Okapi hidup sehat di sana dan wisatawan bisa melihat hewan ajaib ini walaupun di dalam kandang penangkaran.




Credit  detikTravel