Rabu, 27 Januari 2016

Baku Tembak Terjadi di Oregon Saat akan Tangkap Milisi AS

Polisi AS
Polisi AS
 
CB,  OREGON -- Satu orang tewas dan lainnya terluka selama tembak-menembak dalam upaya menangkap anggota kelompok bersenjata yang berada di tempat perlindungan satwa liar nasional (national wildlife refuge) di negara bagian Amerika Serikat (AS), Oregon.

Amon Bundy (40 tahun)  merupakan pemimpin kelompok milisi yang menduduki wilayah pemerintah federal selama tiga pekan terakhir. Dia termasuk di antara enam orang lainnya ditangkap.

Wartawan Al Jazirah Gabriel Elizondo melaporkan, pria tewas diidentifikasi sebagai Lavoy Finicum, yang juga memberikan komando di kelompok ini. Elizondo mengatakan, baku tembak terjadi di jalan raya tak jauh dari tempat perlindungan.

‘’Tampaknya biro intelijen federal (FBI) dan polisi setempat memulai operasi untuk menghentikan milisi," katanya seperti dikutip dari laman Al Jazirah, Rabu (27/1) Wartawan Al Jazirah tidak mengetahui jumlah anggota kelompok yang diyakini berada di dalam tempat tersebut. Tetapi diyakini antara 15 atau 20 orang telah memegang kendali wilayah tersebut.

Berbicara kepada Al Jazirah pada bulan Januari, Finicum mengaku telah bergabung anggota milisi untuk membela kebebasan dan menolak kebuntuan yang karena alasan rasial.‘’Kami menyambut dukungan dari komunitas, kebebasan tidak memiliki warna," kata Finicum.

JJ McNab, seorang penulis ekstremisme anti-pemerintah yang tinggal di Washington DC mengatakan, beberapa tokoh terkenal anti-pemerintah telah dilaporkan dalam perjalanan mereka ke tempat perlindungan.

"Saya berpikir bahwa banyak orang sedang dalam perjalanan untuk bergabung dengan grup. Beberapa nama baru muncul yang sedikit menakutkan. Mereka mengidolakan orang-orang seperti Timothy McVeigh,"kata McNabkepada Al Jazirah.

McNab mengatakan, keprihatinannya sekarang adalah untuk anak-anak yang masih mungkin dalam perlindungan. Ia juga cemas terjadi eskalasi kekerasan lebih lanjut.

Milisi Bundy, yang sudah termasuk penduduk dari jauh seperti Arizona dan Michigan, merebut tempat National Wildlife Refuge pada tanggal 2 Januari sebagai bagian dari sengketa atas tanah masyarakat di AS bagian barat.

Bundy adalah putra dari peternak Nevada Cliven Bundy, yang terlibat dalam kebuntuan dengan pemerintah atas hak penggembalaan tahun 2014."Lavoy Finicum ditembak dengan darah dingin hari ini di Burns Oregon.Dia ditembak tiga kali," kata Cliven Bundy dalam postingan di Facebook.



Credit  REPUBLIKA.CO.ID