Senin, 25 Januari 2016

Negara-negara Afrika Siap Buka Kedubes di Jakarta


Negara negara Afrika Siap Buka Kedubes di Jakarta
Nigeria, Ethiopia, Kenya, Ghana dan Senegal adalah sejumlah negara yang siap membukan Kedubes di Jakarta. (Istimewa)

JAKARTA - Sejumlah negara Afrika siap membuka kantor Kedutaan Besar (Kedubes) di Jakarta. Demikian disampaikan Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lastro Simbolon.


"Beberapa negara, termasuk Nigeria, Ethiopia, Kenya, Ghana dan Senegal,” ucap Lastro kepada wartawan di Jakarta, pada Senin (25/1/2016).


”Ethiopia itu perkembangan baik. Waktu itu Bu Menlu (Retno Marsudi) ke sana, bertemu dengan Presiden dan Menlu Ethiopia. Keinginan itu (membuka Kedubes di Indonesia) didorong lagi oleh Menlu. Waktu itu disambut dengan pengiriman pejabat tingkat tinggi dan Dirjen-nya ke sini. Tahun ini akan buka. Nama Duta Besar-nya sudah disebut. Kita tinggal tunggu dari parlemen,” ujarnya.


Selain mengirimkan pejabat tinggi, lanjut Lastro, Pemerintah Ethiopia juga sudah mengirimkan sejumlah diplomat mereka ke Indonesia untuk mempersiapkan pembukaan Kedutaan Besar mereka di Jakarta.


"Sekarang ada tiga diplomat muda Ethiopia sedang mempersiapkan teknis pembukaan kedutaan. Mudah-mudahan menjadi kenyataan. Untuk membangun hubungan Indonesia dan Afrika akan lebih mudah jika jika mereka ada di sini,” kata Lastro.


Credit  Sindonews