Helikopter V-280 Valor adalah heli
tilt-rotor generasi ketiga produksi Bell Helicopter Textron. Heli
tilt-rotor generasi pertama adalah XV-3 dan XV-15, generasi kedua adalah
V-22 OspreyValor yang sudah memiliki pengalaman tempur. Valor dibuat
untuk memenuhi kebutuhan program Joint Multi-Role -Technology
Demonstrator (JMR-TD), sebelum mengikuti fase Future Vertical Lift (FVL)
untuk mendapatkan helikopter masa depan tentara Amerika. nt.interia.pl
Bell memperkenalkan V-280 Valor pada
forum tahunan Army Aviation Association of America's (AAAA) di Fort
Worth, Amerika Serikat, pada April 2013. Bell mengklaim bahwa Valor
merupakan helikopter paling canggih yang operasionalnya sangat efektif.
Perjanjian investasi teknologi (technology investment agreement/TIA)
untuk JMR-TD diberikan pada Oktober 2013 dan uji penerbangan V-280 Valor
dijadwalkan dilaksanakan pada 2017. ainonline.com
Helikopter V-280 Valor akan
mengintegrasikan ekor dengan konfigurasi V dan badan pesawat yang
terbuat dari komposit. Sayap akan dibuat dari inti sel karbon.
Helikopter ini dirancang untuk membawa empat awak dan 11 tentara. V-280
Valor memiliki dua pintu samping yang lebar untuk mempermudah naik dan
turunnya pasukan. Valor akan dilengkapi dengan landing gear ditarik
konvensional sehingga kontrol saat lepas landas dan mendarat lebih baik.
ainonline.com
Helikopter V-280 Valor merupakan
salah satu helikopter masa depan Amerika Serikat. Heli ini akan
dilengkapi dengan tiga sistem kontrol penerbangan fly by wire untuk
pengendalian helikopter yang lebih baik. Sistem ini mengurangi beban
kerja pilot dan meminimalkan biaya pemeliharaan dibandingkan dengan
sistem kontrol tradisional. bellv280.com
Helikopter V-280 mampu melaju hingga
kecepatan maksimum 518 km/jam dengan jangkauan tempur 500 mil laut
sampai 800 mil laut atau 926 km hingga 1482 km. Heli ini mempunyai
platform dapat ditempatkan sendiri, tidak seperti helikopter lain ynag
membutuhkan dukungan logistik untuk pengiriman ke daerah operasi.
bellv280.com
Bell Helicopter Textron bermitra
dengan Lockheed Martin untuk pengembangan V-280 Valor. Selain itu Bell
memilih Moog untuk merancang dan memproduksi sistem kontrol penerbangan
terpadu. Sistem ini mencakup komputer kontrol penerbangan, perangkat
lunak pendukung, dan kontrol aktuasi penerbangan. Untuk Mesin, Bell
memili GE Aviation sebagai mitra, sementara GKN Aerospace dikontrak
untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi aerostructure ekor
berbentu V dan ruddervators. AGC Komposit dan Aerostructures terpilih
untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi sayap V-280. youtube.com
Credit Tempo.co