Selasa, 15 Agustus 2017

SpaceX Berhasil Luncurkan Superkomputer ke ISS



Peluncuran Roket Falcon 9 SpaceX yang membawa satelit Iridium, Sabtu 14 Januari 2017. forbes.com
Peluncuran Roket Falcon 9 SpaceX yang membawa satelit Iridium, Sabtu 14 Januari 2017. forbes.com.

CB, Florida - SpaceX, perusahaan antariksa swasta besutan Elon Musk, berhasil meluncurkan superkomputer yang dibuat Hewlett Packard Enterprise (HSE) ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Superkomputer yang disebut Spaceborne Computer ini melucur bersama wahana kargo Dragon dan peralatan lainnya dengan total berat mencapai 2.900 kilogram.

Roket diluncurkan dari landasan di Cape Canaveral, Florida, pada 12.31 waktu setempat, atau 19.30 WIB. Peluncuran ini juga menandai misi ke-12 SpaceX dengan nilai proyek sebesar US$ 1,6 miliar, atau setara dengan Rp 21,3 triliun.



Setelah 10 menit peluncuran, Falcon 9 berhasil melakukan pendaratan kembali di Cape Canevaral. "Roket ini sudah dirancang agar bisa kembali dan dapat digunakan dalam misi berikutnya," demikian dilansir laman berita Space, Selasa, 15 Agustus 2017.

Sebelumnya, ramalan cuaca memungkinkan untuk peluncuran. Kalau saja peluncuran kali ini tidak berhasil, misi akan ditunda sampai pekan depan. Sebab, Rusia, pada Kamis mendatang, sudah menjadwalkan akan melakukan peluncuran satelit.


Credit  tempo.co