Kamis, 31 Agustus 2017

NASA Akan Kirim Wahana Robot Baru ke Mars



NASA InSight Mars Lander. nasa.gov
NASA InSight Mars Lander. nasa.gov.

CB, California - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menjalankan misi terbaru di Mars, yakni menggali isi perut Planet Merah tersebut. Wahana robot antariksa terbaru NASA, InSight Mars Lander, akan menggali informasi dari dalam permukaan planet untuk mengungkap proses pembentukan.

Wahana ini sedang dalam tahap penyempurnaan. InSight Mars Lander akan diluncurkan ke Planet Merah itu pada Mei 2018.

"Perubahan di dalam permukaan Mars lebih sedikit ketimbang bumi dan mungkin menyimpan bukti yang lebih baik soal proses kelahirannya," kata Bruce Banerdt, peneliti InSight Mars Lander yang juga ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA, seperti dikutip dari laman situs NASA.



NASA menyematkan wahana ini dengan berbagai peralatan drilling canggih, seperti seismometer untuk mencatat gelombang seismik dan sensor panas yang bisa menembus hingga kedalaman tiga meter. Ada juga transmisi untuk menyambung komunikasi antara Mars dan bumi.


"Kami sedang melakukan pengujian terakhir meliputi akustik, pelepasan instrumen, dan sensor panas," kata Stu Spath dari Lockheed Martin Space System. Lockeheed adalah perusahaan yang membangun InSight Mars Lander.


Harusnya, InSight Mars Lander sudah meluncur pada 2016. Sayangnya, ada kebocoran sensor seismograf yang memaksa NASA memundurkan jadwal peluncuran.

Saat ini, sudah ada dua wahana robot NASA di Mars, yakni Mars Opportunity dan Mars Curiosity. Keduanya masih aktif. Dengan InSight Mars Lander, ada tiga wahana robot yang termasuk dalam misi mengirim manusia ke Mars pada 2030.





Credit  tempo.co