Kamis, 31 Agustus 2017

Badai Harvey kembali mendarat, korban tewas di Texas akan meningkat


Badai Harvey kembali mendarat, korban tewas di Texas akan meningkat
Warga menerobos banjir akibat Badai Tropis Harvey di Beaumont Place, Texas, AS, pada 28 Agustus 2017. (Reuters/Jonathan Bachman)


Houston (CB) - Badai Tropis Harvey kembali mendarat pada Rabu di dekat perbatasan Texas-Louisiana, Amerika Serikat, menimbulkan hujan deras setelah rekor curah hujan yang menyebabkan banjir dahsyat melumpuhkan kota Houston.

Badai yang pertama kali terjadi pada Jumat merupakan badai paling dahsyat yang melanda Texas selama lebih dari 50 tahun, dan menewaskan sedikitnya 17 orang, lapor Reuters.

Badai tersebut juga memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah-rumah yang terkena banjir dan menyebabkan kerusakan yang diperkirakan mencapai puluhan miliar dolar AS, serta menjadi salah satu bencana alam AS yang paling menelan kerugian secara materi.

Ada beberapa kelegaan yang terlihat bagi Houston, kota berpenduduk terpadat keempat di AS, saat peramal cuaca mengatakan hujan lebat selama lima hari kemungkinan akan berakhir karena badai yang berlangsung di Teluk Meksiko bergerak cepat dan meninggalkan wilayah tersebut esok hari.

Harvey diprediksi menghasilkan hujan tambahan dengan ketinggian 15 sampai 30 sentimeter di wilayah utara dan timur Houston saat badai bergerak ke barat daya Louisiana. Badai diperkirakan akan melemah saat bergerak ke daratan terpencil ke timur laut dan melewati Mississippi pada Kamis, demikian Layanan Cuaca Nasional.

"Kami tidak akan mengatasinya lebih lama lagi. Badai akan mempercepat laju dan keluar dari sini," ujar Donald Jones, ahli meteorologi di Layanan Cuaca Nasional di Lake Charles, Louisiana.

Namun hampir sepertiga dari Provinsi Harris, wilayah terdapat kota Huston, terendam air, menurut surat kabar Houston Chronicle.

Banjir yang menumpahkan bendungan dan mendorong tanggul ke batas wilayah mereka, diperkirakan butuh berhari-hari untuk surut semua air banjir, menurut pejabat setempat.

Pejabat kota tengah mempersiapkan penampungan sementara untuk sekitar 19.000 orang, dengan ribuan lainnya yang diperkirakan menyelamatkan diri.

Pada Selasa pagi, hampir 50.000 rumah mengalami kerusakan akibat banjir, menurut pejabat Texas, dan jumlahnya dipastikan akan meningkat.

Walikota Houston Sylvester Turner mengumumkan jam malam dari pukul 00.00 sampai 5.00 di tengah laporan penjarahan, perampokan bersenjata dan orang-orang yang menyamar sebagai polisi.

Presiden AS Donald Trump mengunjungi Texas pada Selasa untuk melakukan survei kerusakan dari bencana alam utama pada pertama kalinya untuk menguji kepemimpinannya dalam menghadapi krisis. Trump mengatakan bahwa dia senang dengan tanggapan atas bencana tersebut, namun terlalu cepat untuk mengucapkan selamat.

"Kami tidak akan mengucapkan selamat," kata Trump. "Kami tidak ingin melakukan itu ... Kami akan mengucapkan selamat satu sama lain saat semuanya selesai."

Moodys Analytics memperkirakan biaya ekonomi akibat Harvey untuk Texas tenggara sebesar 51-75 miliar dolar AS.

Banjir setinggi dada yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menenggelamkan sejumlah lingkungan yang jauh di dalam perairan dan merusak sistem bendungan serta drainase yang melindungi wilayah metropolitan Houston yang letaknya rendah, dengan nilai ekonomi sama besar dengan Argentina. 


Credit  antaranews.com



Houston berlakukan jam malam untuk cegah penjarahan


Houston berlakukan jam malam untuk cegah penjarahan
Jalan tol antar negara bagian 45 terendam akibat badai Harvey terlihat saat banjir besar di Houston, Texas, Amerika Serikat, Minggu (27/8/2017). (REUTERS/Richard Carson)



Houston (CB) - Houston memberlakukan jam malam, yang dimulai pada tengah malam Selasa untuk waktu tidak terbatas di tengah penjarahan, perampokan bersenjata dan yang berpura-pura menjadi polisi, kata pejabat kota itu.

Jam malam akan berlangsung sejak tengah malam hingga pukul 05.00. Pada mulanya, jam malam itu akan dimulai pada pukul 22.00, namun kota tersebut mendorong waktu dimulai jam malam dua jam kemudian untuk memungkinkan relawan terus bekerja, kata Walikota Sylvester Turner dalam pernyataan. Kota itu juga mendatangkan tambahan polisi dari daerah lain, lapor Reuters.

"Anda tidak bisa mengemudi atau berada di tempat umum. Kami memiliki masalah dengan perampokan bersenjata, dengan orang bersenjata dan senjata api," kata Kepala Polisi Houston Art Acevedo.

Turner sebelumnya mengatakan bahwa kota tersebut membuka beberapa tempat penampungan darurat tambahan untuk mengurangi kepadatan di pusat konvensi, yang menampung 10.000 orang. Beberapa dari mereka akan dipindahkan ke aula konser dan arena basket terdekat.

Satu tempat penampungan akan terbuka di sisi barat kota, di dekat lebih dari 3.000 rumah yang dilanda banjir. Pusat lain di Humble, Texas, akan menampung orang-orang dari pinggiran kota utara, kata wali kota menambahkan.

Sementara itu, satu mayat ditemukan tak jauh dari daerah pantai di South East Texas pada Minggu (27/8), korban jiwa keenam yang dilaporkan setelah Badai Harvey mendarat di Texas pada Jumat malam (25/8).

Polisi setempat, menurut Xinhua, mengatakan mereka tidak yakin apakah korban jiwa tersebut adalah korban langsung terkait Badai Harvey. "Pada saat ini, tidak diketahui apakah korban meninggal akibat kondisi kesehatan atau karena tenggelam," kata polisi di dalam satu pernyataan. Gelombang di daerah tersebut, kata polisi, tinggi pada malam hari.

Dalam satu taklimat, Wali Kota Houston Sylvester Turner mengatakan lebih dari 2.000 telepon darurat telah diterima dan tempat berteduh tambahan akan dibuka.

US Coast Guard telah memusatkan semua sumber dayanya dalam menyelamatkan orang yang menghadapi masalah sementara air terus naik di Houston dan daerah sekitarnya, sementara bantuan datang dari pangkalan di seluruh negeri itu.

Delapan helikopter dan tiga tim tanggap banjir sejuah ini telah menyelamatkan 100 orang, kata beberapa pejabat, dan telah menerima 500 permohonan bantuan.

Lembaga tersebut menyatakan 11 helikopter tambahan direncanakan dikerahkan. Satu lagi tim tanggap banjir datang dari Negara Bagian Louisiana, yang berdekatan.

Sebanyak 80 kabupaten telah dinyatakan sebagai daerah bencana. Kedua banda udara utama di Houston telah ditutup di tengah banjir parah.

Pernyataan dari Sista Bandar Udara Houston mengatakan Bandar Udara Antar-benua George Bush dan Bandar Udara Hobby ditutup untuk penerbangan niaga hingga pemberitahuan lebih lanjut.



Credit  antaranews.com



Semut api yang hanyut menambah ancaman buat warga Houston


Semut api yang hanyut menambah ancaman buat warga Houston
Jalan tol antar negara bagian 45 terendam akibat badai Harvey terlihat saat banjir besar di Houston, Texas, Amerika Serikat, Minggu (27/8/2017). (REUTERS/Richard Carson)



Houston (CB) - Koloni semut api yang hanyut menimbulkan ancaman lain buat warga Housotn, yang masih dirundung bencana banjir yang ditinggalkan oleh Badai Harvey.

Semut beracun itu memiliki tubuh berlapis lilin yang tahan air, dan mereka berkelompok sehingga membentuk kumpulan yang bisa berisi 100.000 semut saat mereka mencari tempat kering untuk menyelamatkan diri dari banjir dan membangun kembali tempat tinggal mereka.

Para ahli serangga mengatakan prilaku semut api semacam itu benar-benar normal, tapi kontak yang diinginkan dengan hewan kecil tersebut mungkin menimbulkan reaksi alergi yang bisa mengancam nyawa tergantung atas kuatnya gigitan mereka.

Kebanyakan orang cuma merasa sangat panas seperti terbakar dan mendapat tanda merah di kulit, tapi reaksi alergi dapat memicu reaksi anafilaktik, yang bisa meliputi bekas dan gangguan nafas, demikian peringatan para ahli serangga.

Banyak ahli sangat menyarankan orang agar tidak mengganggu atau berbuat ulah dengan semut api itu, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam.

Segera setelah beberapa semut api menggigit, mereka akan mengeluarkan sejenis bahan yang disebut "pheromone" untuk memberitahu semut lain mengikuti perbuatan mereka, kata para ahli --yang menyatakan cara terbaik yang bisa dilakukan ialah membuang semut tersebut sesegera mungkin.

"Mereka bukan datang untuk menyerang kalian. Mereka cuma secara pasif mengambang di air. Ini cuma masalah bersikap cerdas dan menghindar," kata Larry Gilbert, seorang profesor bidang biologi terpadu di University of Texas di Austin, kepada jejaring berita teknologi The Verge.

Jika tidak mungkin untuk menghindari jalur semut api, ahli serangga Molly Keck menyarankan orang membuat gelombang untuk menjauhkan hewan tersebut.

Banyak ahli menyatakan warna semua api yang menyerupai karat memudahkan orang untuk melihat dan melakukan pencegahan.

Tak ada laporan mengenai korban banjir yang menderita serangan semut api hingga Selasa tengah hari, kata NBC News.




Credit  antaranews.com