Kamis, 31 Agustus 2017

Rusia: Solusi Militer di Semenanjung Korea Tak Bisa Diterima


Rusia: Solusi Militer di Semenanjung Korea Tak Bisa Diterima
Rusia menegaskan, solusi militer untuk menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea adalah sesuatu yang tidak dapat diterima. Foto/Istimewa


MOSKOW -  Rusia menegaskan, solusi militer untuk menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea adalah sesuatu yang tidak dapat diterima. Moskow menyatakan, dialog adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah yang ada.

"Tidak ada solusi militer untuk masalah di Semenanjung Korea. Kami percaya bahwa semua resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai Korut harus menegaskan kondisi ini," kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (30/8).

"Normalisasi situasi di Semenanjung Korea memerlukan pendekatan, baik untuk menghentikan uji coba nuklir, dan rudal Korea Utara dan penghentian latihan militer Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel), termasuk sistem THAAD, dan mengurangi manuver militer," sambungnya.

Diplomat tersebut mencatat bahwa gagasan Rusia dan China yang telah diwakili dalam berbagai format dapat menjadi peta jalan untuk penyelesaian krisis yang sedang berlangsung. Dia menuturkan, alat politik harus digunakan untuk mengatur situasi di Semenanjung Korea.

"Negara-negara anggota PBB seharusnya tidak mencoba untuk menjatuhkan sanksi sepihak terhadap Korea Utara dalam upaya untuk mengatasi krisis tersebut. Kami juga harus mencegah sanksi tambahan unilateral yang dikenakan oleh Dewan Keamanan PBB itu sendiri," ucapnya.

Dia kemudian mengatakan, Pyongyang harus menghentikan program yang dilarang dan kembali ke rezim non-proliferasi NPT, dan pengamanan IAEA, dan bergabung dengan konvensi senjata kimia tersebut. 




Credit  sindonews.com