Selasa, 01 September 2015

Rusia Siap Beri Bantuan Lunak 3 Miliar Dollar AS untuk Alutsista Indonesia


 
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi: Anggota TNI Angkatan Darat menyiapkan helikopter Bell 205 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (3/10/2012). Persiapan ini dalam rangka pameran alutsista menyambut HUT TNI ke-67 yang berlangsung 6-8 Oktober 2012.

JAKARTA, CB - Anggota Komisi I DPR, TB Hasanuddin mengatakan, Rusia siap memberikan bantuan lunak kepada TNI sebesar 3 miliar dollar AS. Bantuan itu nantinya dapat digunakan untuk membeli alat utama sistem persenjataan.
"Rusia memberikan soft loan yang sangat murah untuk membeli alutsista. Dalam waktu dekat investor Rusia akan datang," kata TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senin (31/8/2015).
Kepastian pemberian bantuan itu diperoleh ketika Komisi I berkunjung ke DPR beberapa waktu lalu. Meski demikian, ia mengatakan, pemerintah perlu mengkaji terlebih dahulu tawaran bantuan tersebut.
"Kita akan sampaikan kepada TNI dan Kepala Bappenas. Mereka akan pelajari seperti apa soft loan-nya," ujarnya.
Lebih jauh, ia mengatakan bahwa kunjungannya ke Rusia beberapa waktu lalu untuk bertemu masyarakat Indonesia yang tinggal di negara beruang merah itu. Menurut dia, banyak masyarakat yang berharap agar hubungan bilateral Indonesia-Rusia ke depan semakin baik.

Credit  KOMPAS.com