Senin, 28 September 2015

Seribu Personel TNI-Polri Masih Padamkan Api di Kalimantan


Ilustrasi/ANT
Ilustrasi/ANT
CB, Banjarbaru: Personel TNI dan Polri masih memadamkan kebakaran lahan di wilayah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu 27 September. Pemadaman masih dilakukan pascatinjauan Presiden Joko Widodo.

"Personel TNI-Polri masih terus memadamkan titik api hingga benar-benar hilang," kata Komandan Distrik Militer 1006/MTP Letkol Ade Eka Putra di Banjarbaru, Minggu (27/9/2015).

Personel TNI-Polri yang diterjunkan terdiri dari 500 orang Kostrad Malang, 250 orang Yonif 623 BWU, 100 orang Brimobda Kalsel, 50 orang Kodim 1006/MTP dan dari TNI AL.

Ade mengatakan, seluruh personel diturunkan di kawasan Guntung Damar, Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Sebab, di titik ini diketahui masih terjadi kobaran api.

"Pemadaman dilakukan intensif setiap hari, teknisnya begitu muncul kepulan asap sebagai tanda adanya api langsung didatangi personel dan dipadamkan," ungkap dia.

Tak hanya pemadaman manual, pemadaman juga dilakukan dengan cara menyiramkan air yang diambil dari kantung-kantung air. Tanah dikeruk menggunakan eskavator sedalam dua hingga tiga meter sampai air keluar.

Pantauan di lapangan, titik api di kawasan itu relatif berkurang. Hal ini terlihat dari sebaran asap yang sudah tidak banyak dan cenderung menghilang dibanding dua hari lalu.


Credit  Metrotvnews.com