Senin, 14 September 2015

Dahsyat! Masuk ke Dalam Kapal Perang Terpanjang Milik Amerika



Dahsyat! Masuk ke Dalam Kapal Perang Terpanjang Milik Amerika
Megahnya kapal induk USS Midway (Toriq/detikTravel)

San Diego - Siapa yang tidak penasaran dengan kapal induk terpanjang yang pernah dimiliki AS pada abad ke-20. Tenang, Anda bisa menjelajahnya saat liburan ke San Diego karena kapal ini telah jadi museum. Wah!

Kapal Induk USS Midway adalah salah satu alutsista legendaris di Amerika Serikat. Kapal ini merupakan kapal terpanjang yang dimiliki AS pada abad ke-20, panjangnya mencapai 296 meter. Kapal ini beroperasi dari tahun 1945 hingga 1992 dan menjadi satu-satunya kapal induk yang beroperasi selama perang dingin.

Untuk menggambarkan ukuran jumbonya, USS Midway bisa menampung hingga 200 ribu orang. detikTravel berkesempatan mengunjungi kapal perang ini ketika berada di San Diego, AS, tempat kapal perang ini berada, beberapa waktu lalu.

Untuk lebih menikmati kunjungan ke museum USS Midway, pengunjung harus naik ke bagian atas ke geladak, tempat pendaratan pesawat. Di situlah panggung utama museum kapal induk ini. Dek kapal induk itu sangat luas, sanggup menampung banyak pesawat dan helikopter tempur. Dan memang di atas dek itu terdapat banyak pesawat dan helikopter tempur. Tentunya pesawat dan helikopter tempur yang dipajang di dek USS Midway yang sudah pensiun.

Ambil handphone, pasang ke tongsis, panjangkan, berdiri di depan salah satu pesawat tempur yang paling hits, jepret! Foto keren pun tercipta. Hampir pasti keren karena tak ada museum kapal induk di Indonesia.




 


Salah satu pesawat tempur dibuka untuk dinaiki dan jadi tempat berfoto. Pesawat yang dibuka asli, cuma memang sudah tak berfungsi. Pengunjung bisa masuk ke kokpit dan berfoto ria.

Bagian dek tak hanya memajang alutsista, tapi juga terdapat pemandu wisata. Pemandu wisata ini bukan sembarang pemandu wisata, tapi veteran tentara Amerika. Ya, pemandu wisata yang ada di atas dek adalah para veteran kru USS Midway. Meski sudah tua-tua, mereka bersemangat menjelaskan seluk beluk kapal induk itu. Para veteran pemandu wisata ini terbagi di beberapa titik. Disediakan bangku-bangku untuk wisatawan duduk mendengarkan penjelasan mereka.





Salah satu penjelasan yang paling menarik adalah penjelasan soal cara mendaratkan pesawat tempur di atas kapal itu. Tak seperti yang dibayangkan dan terlihat di televisi, pendaratan pesawat tempur di kapal induk sangat rumit. Pilot dan kru kapal harus berkoordinasi intensif dan rigid. Tak boleh ada kesalahan, atau pendaratan pesawat akan gagal.



 

Museum ini dibuka pada pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat. Ketika detikTravel berkunjung ke sana pukul 10.00 di akhir pekan, antrean sudah panjang, sudah sekitar 50 meter. Untungnya pelayanan di loket tiket berlangsung cepat, sehingga antrean tak mengular lama. Pengunjung harus membayar tiket senilai USD 20 (Rp 280 ribu) untuk bisa masuk ke USS Midway.

Cara ke sana:

Terletak di wilayah pusat Kota San Diego, tepatnya di 910 N Harbor Drive, tak sulit berkunjung ke USS Midway. Wisatawan bisa menggunakan taksi atau pun naik kereta listrik. Jika dengan kereta listrik, wisatawan bisa berhenti di Seaport Village kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Dari jarak sekitar 100 meter, kegagahan USS Midway sudah bisa terlihat.


Credit  travel.detik.com