Selasa, 01 September 2015

Boeing Ciptakan Senjata Laser Penghancur Drone


Boeing Ciptakan Senjata Laser Penghancur Drone (dok.SplitShire)
 
Jakarta, CB -- Untuk mencegah ada drone melintas di area pribadi Boeing, perusahaan tersebut tengah merancang senjata khusus penghancur drone.

Pengguna drone semakin banyak, dan  jika tidak segera diatur dengan baik maka penggunaan drone bisa menimbulkan berbagai keresahan, dari sekadar merampas privasi sampai dengan tindak kriminal.

Boeing adalah salah satu perusahaan besar yang coba mengantisipasi hal itu. Mereka menciptakan senjata pemusnah yang disebut Compact Laser Weapon System, demikian laporan yang ditulis di Wired dan dikutip CNN Indonesia, Selasa (1/9).


Senjata tersebut sekarang sedang dalam masa uji coba, dan mereka sudah melakukan serangkaian tes di fasilitas mereka yang terletak di Albuquerque, New Mexico.

David DeYoung, Director of Boeing Laser & Electro-Optical Systems menjelaskan bahwa, senjata laser penghancur drone yang ia rancang adalah senjata terbaik pertahanan menghadapi serbuan pesawat nirawak.

Dari posisi diam hingga siap menembak senjata tersebut hanya butuh waktu sekitar dua detik. Dan jika tak meleset, hanya dengan sekali tembak saja sebuah drone bisa langsung hancur.

Senjata tersebut diciptakan karena belakangan banyak kasus drone yang terbang memasuki area terlarang tanpa izin, seperti sejumlah kasus di bandara dan area sensitif Gedung Putih.

Senjata laser pemusnah drone itu juga dibuat dalam bentuk yang mudah dibawa-bawa. Rencananya dalam dua tahun produk ini akan rilis ke pasar dengan harga yang belum dipastikan.

Credit  CNN Indonesia