Selasa, 01 September 2015

Obama Ubah Nama Gunung Tertinggi di Amerika Utara

Gunung McKinley resmi ganti nama jadi Denali (Foto: Reuters)
Gunung McKinley resmi ganti nama jadi Denali (Foto: Reuters)
ALASKA (CB) – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dilaporkan resmi mengubah nama gunung tertinggi di Amerika Utara. Gunung Mckinley yang berlokasi di Alaska kini berubah nama menjadi Denali.
Perubahan nama tersebut terjadi ketika Obama sedang berkunjung selama tiga hari di Alaska untuk mensosialisasikan kampanye perubahan iklim. Kontroversi perihal penamaan gunung tersebut sejatinya terjadi sejak beberapa dekade lalu.
Gunung tertinggi di Amerika Utara ini berlokasi di Alaska. Namun pada 1896, gunung yang memiliki tinggi mencapai 20.237 kaki tersebut dinamai McKinley, setelah seorang pencari emas di daerah Alaska mendengar bahwa William McKinley dinominasikan menjadi Presiden AS.
Itulah yang menjadi kontroversi sejak beberapa dekade lalu. Gunung tertinggi tersebut berlokasi di Alaska, namun seorang warga justru memberi nama gunung itu McKinley.
“Sebagai bentuk penghormatan untuk tempat ini (Alaska), Obama secara resmi telah mengubah nama Gunung McKinley menjadi Denali, sebagai pengakuan atas tradisi lokal dan dukungan kuat dari rakyat Alaska,” ujar Menteri Dalam Negeri AS, Sally Jewell, seperti diberitakan BBC, Senin (31/8/2015).
“Nama Denali sendiri memiliki arti ‘Salah satu yang tertinggi’. Nama itu dinilai banyak digunakan oleh warga setempat, dan lebih mencirikan rakyat Alaska,” lanjut Menteri Jewell.


Credit  Okezone