Rabu, 02 September 2015

Kepala Staf Presiden Baru: Teten Masduki


Kepala Staf Presiden Baru: Teten Masduki 
 Teten Masduki dilantik sebagai Kepala Staf Presiden yang baru, Rabu (2/9). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
 
 
Jakarta, CB -- Presiden Jokowi dijadwalkan melantik Kepala Staf Presiden baru pengganti Luhut Binsar Pandjaitan pukul 09.00 WIB, Rabu (2/9). Hingga lewat dari waktu yang telah ditentukan, Kepala Staf Presiden sempat belum juga dilantik.

Di Istana Negara telah hadir para tamu undangan, yakni menteri-menteri, pejabat setingkat menteri, dan para pemimpin lembaga negara, termasuk Komisioner Komisi Yudisial.


Ruangan pun telah disiapkan untuk prosesi pelantikan. Namun hingga detik akhir, para tamu undangan belum tahu siapakah yang hendak dilantik, sampai akhirnya Sekretaris Kabinet Pramono Anung membocorkan lewat akun Twitter-nya.

Menurut Pram, Kepala Staf Presiden yang baru adalah Teten Masduki yang selama ini menjabat sebagai anggota Tim Komunikasi Presiden. Pram menyempatkan diri berfoto dengan Teten sebelum aktivis aktikorupsi itu dilantik Jokowi.

Teten ketika sebelumnya ditanya soal siapa Kepala Staf Presiden yang baru, kerap mengelak. Ia mengatakan nama Kepala Staf Presiden hanya ada di kantong Jokowi.

Sebelumnya terdapat beberapa nama yang santer disebut sebagai kandidat Kepala Staf Presiden, yakni Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal (Purnawirawan) Johny Josephus Lumintang dan mantan Wakil Panglima TNI Jenderal Fachrul Razi.

Credit  CNN Indonesia


Jabat Kepala Staf Presiden, Teten Masduki Kini Setara Menteri

, CNN Indonesia
Jabat Kepala Staf Presiden, Teten Masduki Kini Setara Menteri Teten Masduki (kedua kiri) berfoto bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kanan) sesaat sebelum dilantik menjadi Kepala Staf Presiden, Rabu (2/9). (Detikcom/Bagus Prihantoro)
 
 
Jakarta, CB -- Teten Masduki resmi menjabat sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (2/9). Aktivis antikorupsi itu dilantik di Istana Negara oleh Presiden Jokowi lewat seremoni yang terkesan mendadak.

Teten diangkat menjadi Kepala Staf Presiden berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 91/P/2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Presiden.


“Memberhentikan dengan hormat Luhut Pandjaitan sebagai Kepala Staf disertai ucapan terima kasih atas sumbangan dan jasa kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut,” kata Presiden Jokowi.

“Mengangkat Teten Masduki sebagai Kepala Staf dan kepada yang bersangkutan diberi hak setara menteri,” ujar Jokowi lagi.

Keputusan Presiden itu diteken oleh Jokowi kemarin Selasa (1/9). Hingga menit-menit akhir, banyak staf Kantor Kepresidenan yang tak tahu siapa atasan baru mereka.

Sempat beredar beberapa nama purnawirawan TNI yang disebut direkomendasikan Luhut kepada Jokowi untuk menggantikannya, hingga akhirnya sesaat sebelum Teten dilantik, Sekretaris Kabinet Pramono Anung membocorkan lewat akun Twitter-nya bahwa Teten adalah Kepala Staf Presiden yang baru.

Credit  CNN Indonesia