Rabu, 03 Juni 2015

Ini Enam Sasaran Renstra 2015-2019 Kementan


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (MI/DENNY SAPUTRA)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (MI/DENNY SAPUTRA)
CB, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) 2015-2019 yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 19/Permentan/HK.140/4/2015 pada 6 April 2015. Dalam renstra ini, ada enam sasaran strategis yang akan dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian di Indonesia.

"Dalam Renstra ada enam sasaran, yaitu swasembasa padi, jagung, dan kedelai serta peningkatan produksi daging dan gula, juga peningkatan diversifikasi pangan," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Mentan Amran menambahkan, sasaran strategis lainnya adalah peningkatan komoditas bernilai tambah, berdaya saing dalam memenuhi pasar ekspor dan subtitor (pengganti) impor. Kemudian, penyediaan bahan baku bioindustri dan bioenergi, peningkatan pendapatan keluarga petani, dan akuntabilitas kinerja aparatur negara yang baik.

"Strategi yang ditempuh melalui peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan lahan, peningkatan infrastruktur dan sarana pertanian, serta pengembangan dan perluasan logistik benih atau bibit," ujar Mentan.

Selain itu, lanjut Mentan Amran, ada pula penguatan jaringan pasar produk petanian, dan peningkatan dukungan perkarantinaan untuk memastikan keamanan produk impor yang masuk ke Indonesia. Dia berharap renstra tersebut dapat menjadi terobosan terbaru dalam perkembangan sektor pertanian di Indonesia.

"Ini sebagai perbaikan program, khususnya dalam peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dalam bentuk upaya khusus (upsus), serta kebutuhan regulasi yang harus diwujudkan pada 2016," pungkasnya.


 Credit  Metrotvnews.com