Jumat, 19 Juni 2015

Ketiga Kalinya, Jet Tempur Inggris Cegat Pesawat Rusia

Jet tempur RAF. (Foto: AFP)
Jet tempur RAF. (Foto: AFP)
LONDON – Rusia berusaha mengganggu latihan militer yang diadakan militer NATO di wilayah Baltik. Jet tempur milik Royal Air Force (RAF) atau Angkatan Udara Inggris, mencegat pesawat milik Rusia sebanyak tiga kali dalam 24 jam.
Pesawat tempur itu diterbangkan dari Pangkalan Udara Estonia. Pemerintah Inggris memperingatkan pihak Rusia, latihan yang dilakukan NATO bukan sebuah permainan.
Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, mengatakan kepada Sky News, Kamis (17/6/2015), pihaknya akan berdiri tegak, dan bahu-membahu dengan anggota aliansi lainnya untuk mempertahankan perbatasan Eropa Timur itu.
Royal Navy Flagship memang mengambil bagian dalam latihan pendaratan amfibi di pantai di Polandia utara. Lokasi itu hanya berjarak 100 mil dari negara bagian Rusia, Kaliningrad. 17 militer milik anggota NATO, termasuk 5.600 pasukan dan 49 kapal terlibat dalam latihan tersebut.
Latihan itu dimaksudkan untuk menunjukkan solidaritas dengan Eropa Timur dalam menghadapi ancaman Rusia. Namun, latihan itu memang dikritik oleh Pemerintah Rusia karena NATO mengadakan pelatihan dekat perbatasan mereka.
Ketegangan di wilayah Timur-Barat tetap tinggi, mengingat Ukraina masih mengalami krisis, setelah pasukan separatis pro-Rusia merebut Krimea pada 2014.



Credit  Okezone