Senin, 22 Juni 2015

Bumi Alami Pemunahan Massal Keenam, Manusia Penyebabnya


Bumi Alami Pemunahan Massal Keenam, Manusia Penyebabnya 
 Ilustrasi badak yang terancam punah. (CNN Indonesia/Reuters/David W. Cerny)
 
Jakarta, CB -- Ilmuwan mendapati, Bumi saat ini sedang berada pada fase kepunahan massal yang keenam dan manusialah penyebabnya. “Angka kepunahan massal saat ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah manusia dan sangat tak biasa dalam sejarah Bumi,” demikian dinyatakan sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science Advances.

Penelitian itu menyatakan, masyarakat global mulai membuat punah spesies dari organisme lain dalam angka yang terus meningkat. Ini menggambarkan episode pemunahan massal yang tak terbandingkan dalam kurun waktu 65 juta tahun.


Mereka mendapati angka kehilangan spesies vertebrata selama satu abad terakhir adalah 114 kali di atas normal. Sebagai contoh, sebanyak 477 spesies vertebrata sudah punah sejak 1900.

“JUmlah spesies yang musnah pada satu abad terakhir seharusnya butuh setidaknya 800 sampai 10 ribu tahun untuk hilang,” demikian ditulis dalam penelitian tersebut. “Tak terbantahkan lagi ini adalah kehilangan keanekaragaman hayati yang amat cepat, mengindikasikan pemusnahan massal keenam sedang terjadi.”

Lima pemunahan massal sebelumnya terjadi pada saat manusia belum berjalan di Bumi. Penyebabnya, diyakini adalah bencana alam seperti tubrukan dengan asteroid dan erupsi gunung berapi.

Tiap pemunahan massal membunuh 95 persen spesies. Pemunahan massal terakhir terjadi pada 65 juta tahun lalu, yang membunuh semua dinosaurus.

Selama beberapa dekade terakhir sejumlah spesies binatang sudah dinyatakan musnah. Antara lain ikan tanduk dari China, lumba-lumba Sungai Yangtze, kambing liar Pyrenean, dan badak hitam dari barat.
Credit   CNN Indonesia