Rabu, 24 Juni 2015

Bos Genosida Rwanda Ditangkap di London

Bos  Genosida Rwanda Ditangkap di London  
Emmanuel Karenzi Karake. nyenyerinews.org
 
CB, London - Seorang pejabat militer Rwanda ditangkap petugas keamanan di London karena diduga terlibat dalam kejahatan perang melawan warga sipil. Penangkapan itu berlangsung ketika dia melakukan perjalanan bisnis ke Inggris pada awal Juni 2015.

Karenzi Karake, Direktur Jenderal Dinas Keamanan dan Intelijen Rwanda, dicegah meninggalkan Inggris pada Sabtu, 20 Juni 2015, oleh Unit Ekstradisi Kepolisian Metro berdasarkan permintaan pihak berwenang Spanyol.

Hakim di Spanyol pada 2008 menuding Karake terlibat dalam kejahatan perang di Rwanda  pada 1994. Dalam tuduhan hakim disebutkan Karake memerintahkan genosida ketika dia menjabat Kepala Dinas Intelijen Militer antara 1994 dan 1997.

Dia juga memerintah pembunuhan terhadap tiga warga negara Spanyol yang bekerja untuk organisasi Médicos del Mundo. "Dia salah satu pejabat militer Rwanda yang diduga terlibat dalam kejahatan perang."

Karake saat ini menjadi anggota Front Patriotik Rwanda, partai berkuasa di Rwanda. Dia merupakan orang yang paling bertanggung jawab atas pembunuhan 800 ribu warga Tutsi dan politikus Hutu.

Dia sebelumnya menjabat Wakil Komandan Pasukan Perdamaian PBB di Darfur, Sudan, hingga 2009. Penunjukannya sempat diprotes kelompok pemerhati hak asasi manusia karena dia danggap sebagai perencana serangan mematikan terhadap warga sipil ketika pasukan Rwanda berperang melawan Uganda di Republik Demokratik Kongo pada 2000.

Jordi Palou-Loverdos, pengacara yang mewakili sembilan korban pembunuhan asal Spanyol di Rwanda, mengatakan kepada BBC, "Kami, atas nama korban pembunuhan, saat ini berharap mendapatkan keadilan dan Karaenzi Karake segera diterbangkan ke Spanyol untuk diadili."



Credit   TEMPO.CO