Rabu, 24 Juni 2015

China Siap Gelar Parade Militer

China Siap Gelar Parade Militer Besar-Besaran (Foto:Reuters)
China Siap Gelar Parade Militer Besar-Besaran (Foto:Reuters)
BEIJING – Pemerintah China mengumumkan untuk menggelar parade militer besar-besaran di Lapangan Tiananmen pada 3 September. Parade ini digelar di tengah memanasnya konflik di Laut China Selatan.
Seperti dilansir Nikkei, Selasa (23/6/2015), parade militer itu digelar dalam rangka peringatan 70 tahun kemenangan China atas Jepang pada Perang Dunia II. Presiden China, Xi Jinping, dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara dalam parade tersebut.
 Ini Pesawat Canggih Milik China yang Temukan Objek Diduga MH370
Parade militer merupakan yang pertama kali dalam kurun waktu 10 tahun oleh China untuk memperingati kemenangan di Perang Dunia II. Terakhir parade militer digelar pada 2009.
Banyak pihak menilai parade militer nantinya akan menjadi ajang China untuk memamerkan kekuatan militernya di hadapan dunia, khususnya dalam hal pengenalan teknologi militer buatan China.
Kini, China masih terlibat konflik perebutan dengan sejumlah negara di wilayah Laut China Selatan. Amerika Serikat (AS) dan Australia telah meminta China untuk tidak melakukan provokasi di kawasan Laut China Selatan.
Selain itu, China juga masih memiliki sengketa perbatasan laut dengan Jepang. China mengklaim sebuah gugusan pulau yang oleh Jepang disebut  Kepulauan Senkaku.


 Credit   Okezone