Jumat, 19 Juni 2015

Sebuah Gereja di AS Ditembaki, 9 Tewas



 
BBC Sebuah gereja di kota Charleston, South Carolina, AS ditembaki orang tak dikenal dan menewaskan sembilan orang.

CHARLESTON, CB - Sebanyak sembilan orang tewas ditembak di dalam sebuah gereja di negara bagian South Carolina, Amerika Serikat.
Kepolisian Kota Charleston, Gregory Mullen, mengatakan delapan dari sembilan korban tewas seketika saat seseorang melepaskan tembakan di dalam Gereja Emanuel, pada Kamis (18/6/2015) malam waktu setempat.
Adapun seorang korban lainnya meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Di antara kesembilan korban itu terdapat Pendeta Clementa Pinckney, yang juga menjabat sebagai senator negara bagian South Carolina.
Polisi kini tengah mencari seorang pria kulit putih berusia 20-an tahun yang diduga sebagai pelaku penembakan. “Saya meyakini ini adalah sebuah kejahatan yang bermotif kebencian,” kata Mullen.

Insiden bemula saat orang-orang di dalam gereja tengah mengadakan pertemuan pada pukul 21.00 waktu setempat. Secara tiba-tiba seseorang masuk dan menembaki mereka.
“Tidak habis pikir bagaimana seseorang masuk ke dalam gereja ketika orang-orang mengadakan pertemuan doa dan mencabut nyawa mereka,” ujar Mullen.
Gereja Emanuel, yang didirikan pada abad ke-19, merupakan salah satu gereja tertua di Amerika Serikat. Salah seorang pendirinya ialah Denmark Vesey, yang tersohor sebagai pemimpin pemberontakan budak pada 1822.


Credit  KOMPAS.com