Senin, 29 Juni 2015

Pesawat Militer Rusia Terobos Langit Finlandia

Pesawat pengangkut satuan militer Rusia (Foto: Avioners.net)
Pesawat pengangkut satuan militer Rusia (Foto: Avioners.net)
HELSINKI  (CB) – Pemerintah Finlandia menyatakan pesawat militer Rusia terlihat menerobos wilayah udaranya. Tudingan itu diumumkan Pemerintah Finlandia melalui Kementerian Pertahanan.
Manuver pesawat militer Rusia itu dianggap yang terbaru dari serangkaian pelanggaran yang dilaporkan di wilayah Nordik.
Negara-negara di sebelah barat dan utara Rusia, termasuk negara-negara Baltik selama ini cemas bahwa Rusia akan kembali memicu terjadinya Perang Dingin. Negara-negara itu khawatir jadi korban agresi Rusia.
Kementerian Pertahanan Finlandia menyatakan, pesawat angkut militer Rusia IL-76 terlihat melintasi wilayah udara Kota Porvoo, Finlandia Selatan.
“Penjaga Perbatasan Finlandia akan menyelidiki insiden tersebut secara resmi. Penyelidikan tersebut akan berlangsung selama beberapa minggu,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Finlandia, seperti dikutip Reuters, Minggu (28/6/2015).
Pemerintah Rusia hingga kini belum merespons tuduhan tersebut. Namun, selama ini Rusia membantah laporan serupa dari Filandia yang pernah dilontarkan pada Agustus 2014. Ketika itu, Finlandia menuduh pesawat tempur Rusia telah menerobos wilayah udaranya sebanyak lima kali.


Credit  Okezone