Senin, 30 Mei 2016

Silent Hawk dan Nightmare, 2 Motor Senyap Militer AS

Silent Hawk dan Nightmare, 2 Motor Senyap Militer AS
Militer AS menunjukkan motor siluman untuk pasukan khusus. dailymail.co,uk 
 
CB, Washington D.C. - Lembaga riset Departemen Pertahanan Amerika, DARPA, memiliki dua proyek sepeda motor siluman generasi mendatang. Silent Hawk, yang diproduksi Logos dan Nightmare dari LSA Autonomy, adalah dua proyek yang didanai oleh lembaga tersebut.

Dua prototipe motor itu telah diperlihatkan di dalam Konferensi Industri Pasukan Operasi Khusus dari Asosiasi Industri Pertahanan Nasional di Tampa baru-baru ini.

Kedua sepeda motor memiliki fitur mesin hybrid multi-bahan bakar yang dapat menggunakan berbagai jenis bahan bakar, mulai dari bensin jet hingga minyak zaitun.

Alex Dzwill, insinyur dari Logos, mengatakan kepada Defence One, bahwa sepeda motor itu memiliki dua mode, satu mode suara keras, dan satu mode suara senyap untuk beroperasi menggunakan sebuah baterai.


Mode suara keras menghasilkan intensitas bunyi 80 desibel, sedangkan modus tenang menghasilkan 55 desibel.

Untuk operasi normal, sepeda motor itu akan menggunakan diesel, bensin atau bahan bakar jet. Tapi ketika dekat dengan musuh, motor itu akan berjalan hampir tanpa suara menggunakan listrik.

Menurut pembuatnya, Logos Technologies, mode keras akan sedikit lebih keras daripada rata-rata vacuum cleaner, mencapai hingga 75 desibel.

Perusahaan juga mengatakan Silent Hawk dapat bepergian di medan yang sulit pada mesin hibrida pada kecepatan 55 mil per jam (88km/jam). Mesin pembakaran juga dapat dilepas, yang berarti Silent Hawk dapat sepenuhnya menggunakan listrik.


Baterai sepeda motor dapat mendukung hingga 50 mil (80km). Namun, konsep ini masih dalam pengembangan dan spesifikasi lebih lanjut belum diumumkan. DARPA memulai proyek sepeda motor ini tahun lalu, dan kini telah meminta pembuatnya untuk mengembangkan lebih lanjut.

Logo mengatakan saat ini pihaknya berencana untuk melanjutkan dengan rencana program Tahap II, dengan tujuan mengembangkan dan menguji prototipe operasional pertama dalam 18 bulan.

Silent Hawk berbasis motor balap listrik Alta Motors, RedShift MX. Ia menggunakan rangka Alta, sementara mesin hybrid dikembangkan oleh Logos. Komando Operasi Khusus AS sebelumnya mencoba menggunakan sepeda motor Zero MMX untuk tujuan yang sama, namun baterainya hanya bertahan dua jam.

Bukan hanya komando yang akan menerima sepeda motor ini. Pada bulan Agustus, pasukan polisi bakal menggunakan sepeda motor ini untuk mendekati penjahat agar tidak terdeteksi.

Motor itu, yang dirancang oleh Zero Motorcycles di California utara, memiliki kecepatan tertinggi hingga 98 mph (158 km/jam), yang memungkinkan polisi untuk mengejar penjahat jika pendekatan siluman gagal.





Credit  TEMPO.CO