Selasa, 31 Mei 2016

Kapolri Resmi Lantik Kabareskrim Baru



Kapolri Resmi Lantik Kabareskrim Baru
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti memimpin upacara serah terima jabatan Kabareskrim baru yang diisi oleh Irjen Pol Ari Dono Sukmanto di Mabes Polri, Jakarta. (Sindonews/Puji Kurniasari)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti memimpin upacara serah terima jabatan Kabareskrim baru yang diisi oleh Irjen Pol Ari Dono Sukmanto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (31/5/2016). 

Sebelumnya, Ari Dono mengisi jabatan sebagai Wakabareskrim. Namun, karena Komjen Pol Anang Iskandar memasuki masa pensiun, maka Ari Dono naik menjadi Kabareskrim.

Selain melantik Kabareskrim baru, Badrodin juga melantik tiga Kapolda diantaranya Irjen Pol Bambang Waskito menjadi Kapolda Jabar, Irjen Pol Musyafak menjadi Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Yazid Fanani menjadi Kapolda Jambi dan Brigjen Pol Lukman Wahyu Haryanto menjadi Kapolda Sulbar.

Sementara, untuk Irjen Pol Jodie Rooseto yang sebelumnya jadi Kapolda Jabar menjadi AS SDM Kapolri, Brigjen Pol Arief Sulistyanto dari Kapolda Kalbar menjadi Sahlijemen Kapolri dan Irjen Pol Sabar Rahardjo dari Asisten SDM Kapolri menjadi Pati SSDM Polri dalam rangka pensiun.


Credit  Sindonews



Beberapa Alasan Polri Tunjuk Irjen Ari Dono Jadi Kabareskrim


Beberapa Alasan Polri Tunjuk Irjen Ari Dono Jadi Kabareskrim
Gedung Badan Reserse Kriminal Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta (Sindophoto)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti telah menunjuk Inspektur Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Agus Rianto, penunjukan Ari Dono menjadi Kabareskrim sudah melalui beberapa pertimbangan khusus. Salah satunya telah menjabat Wakil Kabareskrim.

"Kemudian, beliau (Ari Dono) juga sudah bintang dua, Kabareskrim kan bintang tiga. Beliau juga salah satu perwira senior, kebetulan lulusan Akabri tahun 85," ujar Agus Rianto di Ruang Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Agus menambahkan, Ari Dono juga memiliki pengalaman di bidang reserse dan pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat.

Ari Dono juga sempat dipercaya sebagai Kapolda Sulawesi Tengah dan yang terakhir menjabat sebagai Wakabareskrim Polri. "Saya yakin pimpinan sudah menentukan keputusan bahwa Pak Ari Dono layak menggantikan Pak Anang," ujar Agus.

Sementara itu Polri telah menunjuk Brigadir Jenderal Polisi Brigjen Antam Novambar untuk mengisi jabatan Wakil Kabareskrim, jabatan yang ditinggalkan Ari Dono. Sebelumnya Antam menjabat Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.





Credit  Sindonews



Sekilas Perjalanan Karier Kabareskrim Irjen Pol Ari Dono


Sekilas Perjalanan Karier Kabareskrim Irjen Pol Ari Dono
(ilust/SINDOphoto)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti telah resmi memilih Irjen Pol Ari Dono Sukmanto sebagai Kabareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Anang Iskandar yang memasuki masa pensiun.

Irjen Pol Ari Dono merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Pada 2003 Ari menjabat sebagai sebagai Kapolres Serang. Tidak lama berselang,  Ari Dono bergabung di Direskrim Polda DIY mulai 2004 hingga 2006.Memasuki tahun 2007, Ari Dono ditugaskan di Direskrim Polda Jawa Barat, tapi masa tersebut tidak lama karena Ari kembali menerima amanat menjadi penyidik utama Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri pada 2009.

Tidak lama berselang di Bareskrim Polri, Ari kembali dinaikkan jabatannya menjadi Kabag Instalfor Puslabfor Bareskrim Polri pada tahun  2010. Dengan keahliannya di bidang Puslabfor, Ari dipercaya mengemban amanat menjadi Wakapolda Sulawesi Tengah pada tahun 2011.

Tapi masa jabatan itu tidak berjalan lama, pasalnya Ari kembali ditarik ke Bareskrim Polri sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri. Setelah dua tahun bergelut di bidang Bareskrim Polri, Ari dipercaya memimpin Sulawesi Tengah sebagai Kapolda pada tahun 2013.

Setelah mengisi jabatan sebagai Kapolda Sulteng, Ari dipromosikan sebagai staf ahli manajeman Kapolri di tahun 2014 menggantikan Brigjen Pol Dewa Made Parsana. Memasuki awal tahun 2016 Ari diembankan tugas sebagai Wakabareskrim tapi belum lama menjadi Wakabareskrim, Ari Dono dinaikan menjadi Kabareskrim menggantikan Anang Iskandar yang
memasuki masa pensiun tepat 58 tahun.






Credit  Sindonews