Selasa, 31 Mei 2016

Empat Masjid di Saudi Terbuka untuk Warga Non-Muslim



Empat Masjid di Saudi Terbuka untuk Warga Non-Muslim  
Ilustrasi masjid (Thinkstock/Comstock Images)
 
Jakarta, CB -- Berbagai sumber pemerintahan Arab Saudi memaparkan bahwa negara kerajaan ini sudah mengeluarkan intruksi untuk memungkinkan warga non-Muslim mengunjungi empat masjid. Instruksi ini dirilis dalam upaya memperkenalkan peradaban Islam dengan masyarakat non-Muslim.

Empat masjid yang dimaksud berada di Jeddah, yakni Masjid Al-Rahma, Al-Taqwa, Masjid Raja Fahd dan Raja Saud.


Sejumlah sumber pemerintahan yang tidak dipublikasikan identitasnya itu mengimbau agar para pengunjung non-Muslim menghormati kesucian masjid dan "tidak menodai kesucian rumah Allah," dikutip dari Saudi Gazette pada Senin (30/5).

Imam masjid Quba di Madinah, Sheikh Saleh Al-Mighmasi menyatakan pada Jumat pekan lalu bahwa masuknya non-Muslim ke Madinah tidak melanggar syariah Islam.

Masjid Al-Rahma di Corniche merupakan situs wisata populer. Masjid yang luas dan megah ini dikenal di kalangan penduduk sekitar sebagai masjid terapung karena dibangun di atas pilar yang terendam di tepi Laut Merah.

Sementara, Masjid Al-Taqwa yang dibangun pada 2005 terletak di wilayah utara Jeddah. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 750 meter persegi dan bisa menampung lebih dari 400 jamaah.

Masjid Raja Fahd memiliki arsitektur dengan dekorasi ubin khas Maroko. Masjid ini memiliki kubah dengan bentuk segitiga.

Masjid Raja Saud merupakan masjid terbesar di Jeddah, dengan luas 9.700 meter persegi. Masjid ini memiliki kubah terbesar dengan diameter mencapai 20 meter dan tinggi mencapai 42 meter. Masjid ini dirancang oleh arsitek Mesir terkenal, Abdel Wahed El-Wakil.




Credit  CNN Indonesia