Rabu, 25 Mei 2016

Mullah Mansour Tewas, Ini Pemimpin Baru Taliban Afghanistan


Mullah Mansour Tewas Ini Pemimpin Baru Taliban Afghanistan
Kelompok Taliban Afghanistan. | (BBC)

KABUL - Taliban Afghanistan pada Rabu (25/5/2016), mengumumkan pemimpin baru untuk menggantikan Mullah Akhtar Mansour yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah pernyataan, Taliban mengakui kematian Mansour untuk pertama kalinya. Taliban mengumumkan Mawlawi Haibatullah Akhundzada, sebagai pengganti Mansour.

Mansour tewas di mobilnya akibat serangan pesawat nirawak di Provinsi Balochistan, Pakistan, Sabtu lalu.

Mansour memimpin kelompok militan itu pada bulan Juli 2015, menggantikan pendiri sekaligus pemimpin spiritual Taliban; Mullah Mohammad Omar.

Pengumuman dari Taliban ini hampir bersamaan dengan serangan bunuh diri yang menewaskan 10 orang pada hari ini terhadap sebuah bus yang membawa karyawan pengadilan di Kabul.

Mawlawi Haibatullah Akhundzada adalah seorang sarjana agama dan mantan kepala pengadilan Taliban. Sebelum ditunjuk sebagai pengganti Mansour, dia adalah salah satu wakil pemimpin Taliban Afghanistan.

Dia dikenal tak hanya sebagai komandan militer Taliban, tapi juga tokoh yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan fatwa Taliban. Usianya antara 45 hingga 50 tahun. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya di Afghanistan.

“Haibatullah Akhundzada telah ditunjuk sebagai pemimpin baru dari Emirat Islam (Taliban) setelah kesepakatan bulat di syura (dewan tertinggi), dan semua anggota syura bersumpah setia kepadanya," kata Taliban dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip BBC.

Taliban melanjutkan, bahwa Mullah Mohammad Yaqoob, putra Mullah Omar, akan menjadi wakil kepala Taliban bersama wakil pemimpin lainnya, Sirajuddin Haqqani.





Credit  Sindonews