Senin, 01 Juni 2015

Konferensi Terbesar Pelabuhan Digelar di Kota Pelabuhan Tersibuk ke-2 Eropa



Konferensi Terbesar Pelabuhan Digelar di Kota Pelabuhan Tersibuk ke-2 Eropa 
 
Hamburg (CB) -Pelabuhan Hamburg di bawah pengelolaan Hamburg Port Authority (HPA), Jerman tercatat sebagai pelabuhan yang masuk 3 besar tersibuk dan terbesar di Uni Eropa. Posisi Pelabuhan Hamburg hanya kalah satu peringkat dengan Pelabuhan Rotterdam Belanda yang menyandang pelabuhan tersibuk dan terbesar di Eropa.

Pekan ini, Hamburg menjadi tuan rumah International Association of Ports and Harbours (IAPH) 2015 World Port Conference (WPC) yang ke-29. Sebagai tuan rumah, HPA menggelar forum terbesar bidang pelabuhan di dunia yang berlangsung di Congress Center Hamburg (CCH) 1-5 Juni 2015.

Konsulat Jenderal Indonesia di Hamburg, Sylvia Arifin mengatakan selama ini Pelabuhan Hamburg sering dijuluki sebagai pintu gerbang menuju dunia atau gateway to the world.

Alasannya karena pelabuhan yang memiliki luas 7.200 hektar ini merupakan pelabuhan pengumpul atau hub untuk alur perdagangan berbagai komoditi dunia. Pelabuhan Hamburg punya kapasitas hingga 9,7 juta Teus (kontainer) per tahun.

"Pelabuhan Hamburg sebagai pelabuhan tersibuk di Eropa setelah Pelabuhan Rotterdam dan bersaing dengan Pelabuhan Antwerp (Belgia) di posisi 2 atau 3 (di Eropa)," kata Sylvia dalam sebuah acara makan malam di KJRI Hamburg, Minggu (31/5/2015).

Sylvia mengatakan selain Pelabuhan Hamburg, Jerman juga punya pelabuhan besar lainnya yaitu Pelabuhan Bremen, sebagai pelabuhan terpenting ke-2 di Jerman dalam hal perdagangan.

"Pelabuhan Kiel yang merupakan ibu kota Schleswig-Holstein menempati peringkat ketiga," katanya.

Selain pelabuhan-pelabuhan tadi, ada juga pelabuhan lain yang menjadi urat nadi ekonomi Jerman, yaitu Pelabuhan Rostock. Pelabuhan Rostock dan Hamburg punya keunggulan karena bisa disinggahi kapal pesiar besar, dan memiliki pembangkit listrik tenaga angin.

Juga ada Pelabuhan Niedersachsen yang merupakan pintu masuk komoditi biji-bijian dan bahan pangan ke Eropa. Niedersachsen yang merupakan negara bagian dari Jerman punya keunggulan lain yaitu adanya industri otomotif yaitu pabrik Volkswagen.



 Credit  detikfinance



Para Operator Pelabuhan Dunia Kumpul di Jerman


Para Operator Pelabuhan Dunia Kumpul di Jerman 
 
 
Hamburg  (CB) -Para operator atau pengelola pelabuhan seluruh dunia kumpul di Hamburg, Jerman dalam rangka forum International Association of Ports and Harbours (IAPH) World Port Conference (WPC) yang ke-29.

Sebagai tuan rumah adalah Hamburg Port Authority (HPA), merupakan operator Pelabuhan Hamburg, Jerman. Acara ini berlangsung di Congress Center Hamburg (CCH) di dekat Pusat Kota Hamburg, mulai 1-5 Juni 2015.

Forum ini merupakan pertamuan dua tahunan para pengelola pelabuhan di seluruh dunia untuk saling berbagi informasi soal sektor pelabuhan terkini misalnya akan membahas soal konsep smartport dalam hal energi hingga sistem logistik .

"IAPH ini merupakan konferensi pelabuhan terbesar di dunia, di pelabuhan dunia," kata Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dalam sebuah acara makan malam di KJRI Hamburg, Minggu (31/5/2015).

Terbentuknya forum ini berawal, pada 7 November 1955, sekitar 100 delegasi dari 38 pelabuhan dan organisasi maritim di 14 negara berkumpul di Los Angeles mengumumkan pembentukan IAPH.

IAPH telah terus berkembang menjadi aliansi Pelabuhan dalam lingkup global, mewakili sekitar 180 pelabuhan dan 140 usaha lain yang berkaitan dengan kepelabuhanan di 90 negara.

Tercatat, para anggota IAPH menangani lebih dari 60% perdagangan laut di dunia dan hampir 80% dari lalu lintas kontainer dunia. IAPH juga merupakan organisasi non-profit dan non-pemerintah (LSM) yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, IV (Persero), empat perusahaan operator pelabuhan yang menjadi anggota aktif IAPH mewakili Indonesia.

Pada periode 2013-2015, Lino, salah satu dari 8 anggota komite eksekutif pada asosiasi tersebut mewakili regional Asia/Oseania. Lino juga menjabat sebagai 3rd Vice President of IAPH for Asia/Oceania Region periode 2015-2017.

Selain Pelindo, banyak pengelola pelabuhan dunia lainnya yang hadir antara lain perwakilan dari Humburg Port Authority, Dubai Port, Busan Port Authority, Valencia Port Authority, Port Authority of New South Wales, Port of Los Angeles, Port Klang Authority, Port of Stockholm, Port of Rotterdam Authority, dan banyak lainnya.



Credit   detikfinance