Kamis, 04 Juni 2015

Halau China, Jepang Akan Kirim Peralatan Militer ke Filipina

Kapal perang Jepang (Foto: Reuters)
Kapal perang Jepang (Foto: Reuters)
TOKYO (CB) – Pemerintah Jepang dikabarkan telah mempertimbangkan untuk mengirim peralatan militer ke Filipina. Hal itu dilakukan sebagai respons permintaan Pemerintah Filipina untuk menghalau segala ancaman China dalam konflik Laut China Selatan.
Seperti dilansir ABC News, Kamis (4/6/2015), pernyataan tersebut terungkap setelah Presiden Filipina Benigno Aquino III melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Kota Tokyo untuk membicarakan aktivitas reklamasi Angkatan Laut China di wilayah Laut China Selatan.
Berdasarkan laporan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang, Pemerintah Filipina menginginkan pengiriman peralatan militer Jepang untuk keamanan maritim negaranya. Pemerintah Jepang dikabarkan siap untuk mengirim beberapa kapal perang dan kapal selamnya kepada militer Filipina.
Sebagaimana diberitakan, Jepang telah menyatakan komitmennya untuk membantu pihak militer Amerika Serikat (AS) dalam sengketa Laut China Selatan. Pemerintah Filipina dikabarkan sangat menyambut baik upaya Jepang untuk membantu militer AS dalam konflik Laut China Selatan.
Sebelumnya, Pemerintah Filipina dan AS telah sepakat untuk latihan perang bersama terkait konflik Laut China Selatan. Latihan perang tahunan itu telah dimulai pada Senin 20 April dan akan berlangsung selama 10 hari di Filipina.
Diduga kuat, Filipina sedang mencari dukungan militer dan diplomatik pada AS untuk menangkis ancaman China yang telah menegaskan kedaulatannya atas kawasan Laut China Selatan yang disengketakan.
Beberapa pengamat berpendapat, pihak AS, Filipina, dan Jepang sedang melakukan kerja sama untuk menghalau dominasi China dalam sengketa Laut China Selatan.



Credit  Okezone