Senin, 01 Juni 2015

Global Times: China Terancam Perang Lawan AS

Militer China. (Foto: Reuters)
Militer China. (Foto: Reuters)
BEIJING  (CB)Hubungan China dengan Amerika Serikat (AS) sedang panas terkait konflik Laut China Selatan. Bahkan, sebuah media di China mengabarkan perang melawan AS tidak bisa dihindari. Kecuali, Pemerintah AS tidak melarang China membuat pulau buatan di wilayah yang sedang disengketakan.
The Global Times, Senin (25/5/2015) waktu setempat, memberitakan Pemerintah China bertekad menyelesaikan pekerjaan pulau buatan tersebut. Media milik Partai Komunis itu menyatakan pulau buatan merupakan hal terpenting untuk China.
Ketegangan antara China dan AS pecah setelah Negeri Tirai Bambu –julukan China– mengklaim memiliki hak di wilayah Kepulauan Spratly. Pekan lalu, Pemerintah China menyatakan sangat tidak suka setelah pesawat mata-mata AS terbang di dekat wilayah yang disengketakan itu.
Media tersebut menambahkan, Pemerintah China seharusnya bersiap-siap jika terjadi konflik dengan AS.
“Jika Pemerintah AS tetap dengan tegas meminta kepada Pemerintah China untuk tidak melanjutkan pembangunan di wilayah itu, maka perang antara AS dan negara yang dipimpin Xi Jinping itu di Laut China Selatan tidak dapat terhindarkan,” demikian tulis media tersebut.
“Intensitas konflik akan semakin tinggi ketimbang apa yang orang perkirakan hanya gesekan,” sambung tulisan itu.
Pemerintah China menyatakan memiliki hak untuk membangun zona pertahanan udara di Laut China Selatan. The Global Times menulis risiko perang masih berisiko jika pihak AS mengusik kedamaian China.
“Kami tidak mau ada konflik militer dengan AS. Tapi jika saat itu datang, maka kami harus menerimanya,” jelas pihak Pemerintah China.


Credit  Okezone