Senin, 22 Agustus 2016

Usik LCS, China Ancam Perangi Jepang

 
Usik LCS China Ancam Perangi Jepang
China siap mengambil opsi militer jika kedaulatan mereka di Laut China Selatan diusik. | (Istimewa)
 
TOKYO - Beijing mengancam Jepang bahwa mereka akan meluncurkan aksi militer jika Tokyo tetap bertahan dengan sikapnya terhadap sengketa di Laut China Selatan (LCS). Para pejabat China dilaporkan telah menyampaikan peringatan itu kepada seorang pejabat tinggi Jepang.

Menurut sumber-sumber diplomatik, yang dikutip oleh kantor berita Jepang Kyodo, duta besar China untuk Jepang Cheng Yonghua mengatakan Jepang akan melewati 'garis batas' jika kapal Jepang ikut dalam operasi kebebasan navigasi Amerika Serikat (AS) di LCS.

Tidak cukup sampai disitu, Yonghua bahkan mengatakan, Beijing tidak akan ragu untuk mengambil tindakan militer. Cheng, seperti dikutip seorang pejabat Jepang, mengatakan bahwa China tidak akan mengakui isu-isu kedaulatan dan tidak takut dengan provokasi militer seperti dikutip dari IB Times, Senin (22/8/2016).

Peringatan keras China ini diduga terjadi pada bulan Juni lalu pada puncaknya ketegangan teritorial dengan negara lain. Pemicunya adalah putusan pengadilan arbitrase internasional yang menolak klaimkedaulatan unilateral China di kawasan itu terkait kasus yang diajukan oleh Filipina.

Jepang dan China tidak terlibat dalam sengketa di LCS. Meski begitu, kedua negara bersitegang dalam sengketa wilayah di Laut China Timur. Keduanya terlibat dalam sengketa kepulauan Senkaku.





Credit  Sindonews