Jumat, 26 Agustus 2016

Pengaruhi Ekonomi, KTT G20 Akan Bahas Terorisme

 
Pengaruhi Ekonomi, KTT G20 Akan Bahas Terorisme  
Para pemimpin negara anggota G20 dalam konferensi tingkat tinggi pada 2014 lalu. (Reuters/Pablo Martinez Monsivais/Pool)
 
Jakarta, CB -- Rentetan aksi terorisme tak dapat dimungkiri juga memengaruhi keadaan perekonomian global. Para pemimpin negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi G20, termasuk Presiden Joko Widodo, pun akan membahas masalah terorisme dalam pertemuan yang akan dihelat di Hangzhou, China, pada 4-5 September mendatang.

“Dalam pertemuan itu, tentu akan dibahas isu yang mempengaruhi ekonomi global, seperti terorisme,” ujar Direktur Pertumbuhan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri, Toferry P. Soetikno, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/8).

Lebih jauh, pergerakan geopolitik di kawasan juga akan dibahas dalam pertemuan khusus para menteri luar negeri yang hadir dalam G20. Pasalnya, geopolitik juga akan mempengaruhi perekonomian global.

“Di sela pertemuan akan ada pertemuan khusus menlu yang akan hadir di G20 untuk membahas berbagai permasalahan geopolitik global,” tuturnya.

Pertemuan G20 ini sendiri pada umumnya akan membahas kerja sama yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan berbagai masalah ekonomi dunia yang tentunya berdampak pada perekonomian nasional masing-masing peserta.

“Seperti diketahui, setelah 2008-2009, perekonomian melambat. Ekonomi nasional tentu tidak terlepas dari perkembangan ekonomi global. Pertemuan ini akan membahas bagaimana menumbuhkan kembali perekonomian dengan cara inovatif,” ucap Ferry.

Agar pembahasan lebih terarah, para pemimpin negara akan berfokus pada empat topik utama, yaitu perpajakan nasional, kerja sama anti-korupsi, bidang energi, dan finansial.

Lebih jauh, pertemuan G20 ini dianggap sebagai forum utama ekonomi dunia karena mencakup 85 persen seluruh GDP dan 75 persen perdagangan dunia.

Dalam pertemuan ini, Presiden Joko Widodo akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi.



Credit  CNN Indonesia